DWIANTI, Runi and ZULAIKHA, Zulaikha,(18 April 2020), PENGARUH KESADARAN WAJIB PAJAK, KUALITAS PELAYANAN PAJAK, DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN SOSIALISASI PAJAK SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris UMKM Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (106kB)
Download (106kB)
Text
Download (73kB)
Download (73kB)
Text
Download (73kB)
Download (73kB)
Text
Download (148kB)
Download (148kB)
Text
Download (170kB)
Download (170kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Kepatuhan pajak merupakan suatu keadaan dimana wajib pajak memenuhi semua kewajiban perpajakan dan melaksanakan hak perpajakannya. Kepatuhan pajak dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal wajib pajak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan pajak, dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak dengan sosialisasi pajak sebagai variabel moderasi. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM orang pribadi yang sedang melakukan kegiatan usaha di Kota Semarang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunaan metode simple random sampling, dengan jumlah sampel yang digunakan sebanyak 110 responden. Pengumpulan data dengan metode angket. Metode analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis uji interaksi. Hasil pengujian pada penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran wajib pajak berpengaruh negatif tetapi signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, kualitas pelayanan pajak tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak dan sanksi perpajakan berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak. Sedangkan dalam penelitian ini, sosialisasi pajak memperkuat pengaruh kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak, namun sosialisasi pajak memperlemah pengaruh kualitas pelayanan pajak dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak.
Keywords : | Awareness of taxpayers, quality of tax services, tax sanctions, tax socialization and taxpayer compliance., kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan pajak, sanksi perpajakan, sosialisasi pajak dan kepatuhan wajib pajak. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Akuntansi |
Depositing User: | runi dwianti |
Date Deposited: | 20 Jul 2020 03:16 |
Last Modified: | 20 Jul 2020 03:16 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6017 |