ANALISIS EFEKTIVITAS IKLAN PADA MEDIA TELEVISI (STUDI KASUS PADA PRODUK VITAZONE DI UNIVERSITAS DIPONEGORO)

PERBANGSA, Pagsi Surya and DWIYANTO, Bambang Munas,(16 January 2014), ANALISIS EFEKTIVITAS IKLAN PADA MEDIA TELEVISI (STUDI KASUS PADA PRODUK VITAZONE DI UNIVERSITAS DIPONEGORO). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S-Fulltext Pdf Bookmark-C2A007098.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Televisi merupakan media iklan yang paling banyak diminati oleh pengiklan untuk memperkenalkan produknya kemasyarakat. Seperti halnya PT Mayora Indah Tbk dalam memperkenalkan produknya minuman isotonik Vitazone. Permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana merancang iklan yang efektif sehingga produk Vitazone dapat menjadi top of mind di konsumen minuman isotonik. Dalam penelitian ini akan menganalisis efektivitas iklan televisi dari minuman isotonik Vitazone dengan Model EPIC (Empathy, Persuasi, Impac, dan Komunikasi) dan efektivitas promosi yang talah dilakukan dengan DRM (Direct Rating Method). Populasi yang digunakan adalah Mahasiswa Universitas Diponegoro sebanyak 100 responden, dengan metode sampel acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan dari minuman isotonik Vitazone jika diukur dengan Model EPIC dinilai tidak efektif dengan perolehan EPIC rate sebesar 1,59. Dengan perincian dimensi empati sebesar 1,82 (cukup efektif), dimensi persuasi sebesar 1,45 (tidak efektif), dimensi dampak 1,37 (tidak efektif), dimensi komunikasi sebesar 1,73 (cukup efektif). Sedangkan diukur dengan DRM (Direct Rating Method dengan lima faktor yaitu perhatian, pemahaman, kognitif, afektif, dan sikap memperoleh nilai sebesar 33,28 termasuk dalam kategori iklan (promosi) yang kurang baik. Dengan demikian PT Mayora Indah Tbk harus memperbarui dan memperbaiki kualitas iklan minuman isotonik Vitazone, terutama dari segi persuasi dan dampak dari iklan Vitazone
Keywords : empathy , persuasion , impact , communication ( EPIC ) , and the DRM ( Direct Rating Method), empathy, persuasion, impact, communication (EPIC), dan DRM (Direct Rating Method).
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Nila Nurjanah
Date Deposited: 20 Jul 2020 07:21
Last Modified: 20 Jul 2020 07:21
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6034

Actions (login required)

View Item
View Item