ANALISIS PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SHAMPOO CLEAR (Studi Pada Pemakai Shampoo Clear di Kalangan Mahasiswa Program Sarjana S1 Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro)

ADHITAMA, Addhinsyah and SANTOSO, Suryono Budi,(23 December 2013), ANALISIS PENGARUH EKUITAS MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SHAMPOO CLEAR (Studi Pada Pemakai Shampoo Clear di Kalangan Mahasiswa Program Sarjana S1 Fakultas Ekonomika Dan Bisnis Universitas Diponegoro). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16.S-Fulltext PDF Bookmarks-C2A009009.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ekuitas merek (brand equity) terhadap keputusan pembelian pada shampoo Clear pada mahasiswa progam sarjana S1 Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Penelitian ini menggunakan 5 variabel yaitu kesadaran merek (3 item), persepsi kualitas (3 item), asosiasi merek (3 item), kepribadian merek (3 item), dan keputusan pembelian (3 item). Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yakni metode kuesioner dengan menggunakan teknik purpose sampling terhadap 100 responden yang pernah memakai shampoo Clear. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program sarjana S1 fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegor Semarang. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik, metode deskriptif dan metode kuantitatif yang terdiri dari uji regresi linier berganda dengan menggunakan uji t, dan koefisien determinasi (R2). Data yang terkumpul dan memenuhi uji validitas dan reabilitas, uji asumsi klasik lalu diolah menggunakan program SPSS 21 (Statitical Package for Social Science). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keempat variabel dari ekuitas merek berpengaruh signifikan baik secara simultan dan parsial terhadap keputusan pembelian dengan nilai Adjusted R Square sebesar 0,527. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan seluruh variabel independen untuk menjelaskan variasi pada variabel dependen sebesar 52,7% dan sisanya sebesar 47,3%.
Keywords : brand awareness , perceived quality , brand associations , brand personality and purchasing decisions ., Kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, kepribadian merek dan keputusan pembelian.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 20 Jul 2020 08:00
Last Modified: 20 Jul 2020 08:00
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6042

Actions (login required)

View Item
View Item