ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA PADA ORYZA TOUR

DWIHAPSARI, Bunga Caecaria and SANTOSA, Suryono Budi,(15 March 2012), ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA PADA ORYZA TOUR. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 16. S – Fulltext PDF Bookmarks – C2A008179.pdf] Text
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Bisnis jasa biro perjalanan pada saat ini, berkembang dengan pesat di Indonesia, khususnya di kota Semarang. Perusahaan harus dapat menentukan strategi pemasaran yang tepat, supaya dapat bertahan dan memenangkan persaingan. Untuk dapat terus bertahan, perusahaan harus mampu mengetahui apa yang dibutuhkan atau diharapkan oleh konsumennya. Banyak faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, persepsi harga, dan kemampuan berkomunikasi terhadap kepuasan konsumen dalam menggunakan jasa. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah menggunakan jasa pada Oryza Tour. Pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil analisis regresi berganda yaitu, Y = 0,310X1 + 0,221X2 + 0,414X3. Variabel independen yang paling berpengaruh terhadap variable dependen adalah variable kemampuan berkomunikasi (0,414), diikuti oleh variable kualitas kualitas pelayanan (0,310) dan terakhir adalah variable persepsi harga (0,221). Hasil uji t membuktikan bahwa semua variable independen (kualitas pelayanan, persepsi harga dan kemampuan berkomunikasi) mempunyai pengaruh positif terhadap variable dependen yaitu kepuasan konsumen. Dan koefisien determinasi (adjusted R 2 ) yang diperoleh sebesar 0,752. Hal ini berarti 75,2% kepuasan konsumen dipengaruhi oleh variable kualitas pelayanan, persepsi harga, dan kemampuan berkomunikasi. Dan sisanya yaitu 24,8% dipengaruhi oleh variabel lain.
Keywords : quality of service, perception of price, ability to communicate, and consumer satisfaction, kualitas pelayanan, persepsi harga, kemampuan berkomunikasi, dan kepuasan konsumen.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Heru Prastyo
Date Deposited: 23 Jul 2020 04:18
Last Modified: 23 Jul 2020 04:18
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6214

Actions (login required)

View Item
View Item