DWIHAPSARI, Bunga Caecaria and SANTOSA, Suryono Budi,(15 March 2012), ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA PADA ORYZA TOUR. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (125kB)
Download (125kB)
Text
Download (104kB)
Download (104kB)
Text
Download (118kB)
Download (118kB)
Text
Download (150kB)
Download (150kB)
Text
Download (217kB)
Download (217kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Bisnis jasa biro perjalanan pada saat ini, berkembang dengan pesat di
Indonesia, khususnya di kota Semarang. Perusahaan harus dapat menentukan
strategi pemasaran yang tepat, supaya dapat bertahan dan memenangkan
persaingan. Untuk dapat terus bertahan, perusahaan harus mampu mengetahui
apa yang dibutuhkan atau diharapkan oleh konsumennya. Banyak faktor yang
mempengaruhi kepuasan konsumen.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan,
persepsi harga, dan kemampuan berkomunikasi terhadap kepuasan konsumen
dalam menggunakan jasa. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang
pernah menggunakan jasa pada Oryza Tour. Pengumpulan datanya dilakukan
dengan menggunakan kuesioner.
Hasil analisis regresi berganda yaitu, Y = 0,310X1 + 0,221X2 + 0,414X3.
Variabel independen yang paling berpengaruh terhadap variable dependen adalah
variable kemampuan berkomunikasi (0,414), diikuti oleh variable kualitas kualitas
pelayanan (0,310) dan terakhir adalah variable persepsi harga (0,221). Hasil uji t
membuktikan bahwa semua variable independen (kualitas pelayanan, persepsi
harga dan kemampuan berkomunikasi) mempunyai pengaruh positif terhadap
variable dependen yaitu kepuasan konsumen. Dan koefisien determinasi (adjusted
R
2
) yang diperoleh sebesar 0,752. Hal ini berarti 75,2% kepuasan konsumen
dipengaruhi oleh variable kualitas pelayanan, persepsi harga, dan kemampuan
berkomunikasi. Dan sisanya yaitu 24,8% dipengaruhi oleh variabel lain.
Keywords : | quality of service, perception of price, ability to communicate, and consumer satisfaction, kualitas pelayanan, persepsi harga, kemampuan berkomunikasi, dan kepuasan konsumen. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Heru Prastyo |
Date Deposited: | 23 Jul 2020 04:18 |
Last Modified: | 23 Jul 2020 04:18 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6214 |