ANALISIS KESADARAN MEREK, PERSEPSI KUALITAS, ASOSIASI MEREK, DAN LOYALITAS MEREK YANG MEMPENGARUHI EKUITAS MEREK PRODUK SEPATU OLAHRAGA MEREK ADIDAS (Studi Kasus Pada Masyarakat di Kota Semarang)

PUTRA, Danang Adhi and IDRIS, Idris,(30 December 2011), ANALISIS KESADARAN MEREK, PERSEPSI KUALITAS, ASOSIASI MEREK, DAN LOYALITAS MEREK YANG MEMPENGARUHI EKUITAS MEREK PRODUK SEPATU OLAHRAGA MEREK ADIDAS (Studi Kasus Pada Masyarakat di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of 1. S -Cover - C2A007031.pdf] Text - Published Version
Download (97kB)
[thumbnail of 4. S - Abstrak (Inggris) - C2A007031.pdf] Text - Published Version
Download (542kB)
[thumbnail of 5. S - Abstrak (Indonesia) - C2A007031.pdf] Text - Published Version
Download (543kB)
[thumbnail of 6. S - Daftar Isi - C2A007031.pdf] Text - Published Version
Download (553kB)
[thumbnail of 12. S - Daftar Pustaka - C2A007031.pdf] Text - Published Version
Download (109kB)
[thumbnail of 16. S - Fulltext PDF Bookmarks - C2A007031.pdf] Text - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin ketatnya persaingan industri sepatu olahraga di Indonesia dan munculnya berbagai merek baru di pasar. Hal ini berpengaruh terhadap penjualan sepatu olahraga Adidas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji pengaruh dari elemen-elemen ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas merek terhadap ekuitas merek produk sepatu olahraga merek Adidas. Setelah dilakukan tinjauan pustaka dan penyusunan hipotesis, data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 96 orang konsumen pengguna sepatu olahraga Adidas di Semarang yang diperoleh dengan menggunakan teknik Accidental sampling. Kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan data secara kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi: uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi (R vi 2 ). Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik diolah dengan program SPSS (Statistical Package for Social Science) for Windows 17 sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut: Y= 0,178 X 1 + 0,217 X 2 + 0,232 X 3 + 0,337 X 4 Dimana variabel ekuitas merek (Y) , kesadaran merek (X ), persepsi kualitas (X 2 ), asosiasi merek (X 3 ), dan loyalitas merek (X ). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa empat variabel independen kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas merek berpengaruh positif signifikan terhadap ekuitas merek. Kemudian melalui uji F dapat diketahui keempat variabel independen dalam menguji variabel dependen ekuitas merek. Angka Adjusted R Square sebesar 0,540 menunjukkan bahwa 54 persen variasi ekuitas merek dapat dijelaskan oleh keempat variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya 46 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar keempat variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Keywords : brand equity, brand awareness, perceived quality, Brand association brand loyalty., ekuitas merek, kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, loyalitas merek.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Endhar Priyo Utomo
Date Deposited: 23 Jul 2020 09:00
Last Modified: 23 Jul 2020 09:00
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6247

Actions (login required)

View Item
View Item