PUTRA, Danang Adhi and IDRIS, Idris,(30 December 2011), ANALISIS KESADARAN MEREK, PERSEPSI KUALITAS, ASOSIASI MEREK, DAN LOYALITAS MEREK YANG MEMPENGARUHI EKUITAS MEREK PRODUK SEPATU OLAHRAGA MEREK ADIDAS (Studi Kasus Pada Masyarakat di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
- Published Version
Download (97kB)
Download (97kB)
Text
- Published Version
Download (542kB)
Download (542kB)
Text
- Published Version
Download (543kB)
Download (543kB)
Text
- Published Version
Download (553kB)
Download (553kB)
Text
- Published Version
Download (109kB)
Download (109kB)
Text
- Published Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh semakin ketatnya persaingan industri
sepatu olahraga di Indonesia dan munculnya berbagai merek baru di pasar. Hal ini
berpengaruh terhadap penjualan sepatu olahraga Adidas. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis dan menguji pengaruh dari elemen-elemen ekuitas merek
yang terdiri dari kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas
merek terhadap ekuitas merek produk sepatu olahraga merek Adidas.
Setelah dilakukan tinjauan pustaka dan penyusunan hipotesis, data
dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 96 orang konsumen pengguna
sepatu olahraga Adidas di Semarang yang diperoleh dengan menggunakan teknik
Accidental sampling. Kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh
dengan data secara kuantitatif. Analisis kuantitatif meliputi: uji validitas dan
reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis
melalui uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi (R
vi
2
).
Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi
klasik diolah dengan program SPSS (Statistical Package for Social Science) for
Windows 17 sehingga menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut:
Y= 0,178 X
1
+ 0,217 X
2
+ 0,232 X
3
+ 0,337 X
4
Dimana variabel ekuitas merek (Y) , kesadaran merek (X
), persepsi
kualitas (X
2
), asosiasi merek (X
3
), dan loyalitas merek (X
). Pengujian hipotesis
menggunakan uji t menunjukkan bahwa empat variabel independen kesadaran
merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas merek berpengaruh positif
signifikan terhadap ekuitas merek. Kemudian melalui uji F dapat diketahui
keempat variabel independen dalam menguji variabel dependen ekuitas merek.
Angka Adjusted R Square sebesar 0,540 menunjukkan bahwa 54 persen variasi
ekuitas merek dapat dijelaskan oleh keempat variabel independen dalam
persamaan regresi. Sedangkan sisanya 46 persen dijelaskan oleh variabel lain
diluar keempat variabel yang digunakan dalam penelitian ini.
Keywords : | brand equity, brand awareness, perceived quality, Brand association brand loyalty., ekuitas merek, kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, loyalitas merek. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Endhar Priyo Utomo |
Date Deposited: | 23 Jul 2020 09:00 |
Last Modified: | 23 Jul 2020 09:00 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6247 |