SUTRISNI, Sutrisni and SOESANTO, Harry,(28 September 2010), ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, KUALITAS PELAYANAN, DESAIN PRODUK, HARGA DAN KEPERCAYAAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN INDOSAT IM3 PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS DIPONEGORO SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (30kB)
Download (30kB)
Text
Download (25kB)
Download (25kB)
Text
Download (25kB)
Download (25kB)
Text
Download (29kB)
Download (29kB)
Text
Download (28kB)
Download (28kB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi persaingan bisnis industri
telekomunikasi dari waktu ke waktu yang semakin ketat, sehingga perusahaan
harus membuat strategi pemasaran baru untuk mempertahankan dan meraih
pangsa pasar yang lebih tinggi. Adapun yang menjadi masalah penelitian ini
adalah “Apakah faktor kualitas produk, kualitas pelayanan, desain produk, harga
dan kepercayaan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan produk IM3 di
Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro?”. Penelitian ini mencoba mengetahui
faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen melakukan loyalitas pelanggan
terhadap produk IM3 khususnya pada mahasiswa yang menggunakan produk IM3
di Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang. Tujuan penelitian ini
untuk menganalisis pengaruh masing – masing variabel, kualitas produk (X1),
kualitas pelayanan (X2), desain produk (X3), dan harga (X4 ) dan kepercayaan (X5
) terhadap loyalitas pelanggan (Y).
Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap
100 orang responden pengguna produk IM3 di Fakultas Ekonomi Universitas
Diponegoro dengan mengunakan metode purposive sampling untuk mengetahui
tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Kemudian dilakukan
analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif dan analisis
kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi
klasik, uji hipotesis lewat uji F dan uji t serta uji analisis koefisien determinasi
(R2). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regersi linear berganda
yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Data-data yang telah
memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik diolah sehingga
menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut :
Y = 0,274 X1 + 0,218 X2 + 0,270 X3 + 0,238 X4 + 0,207 X5
Hasil analisis mendapatkan bahwa kelima faktor kualitas produk, kualitas
pelayanan, desain produk, harga dan kepercayaan memiliki pengaruh positif dan
signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Pengujian hipotesis menggunakan uji t
menunjukkan bahwa lima variabel independen yang diteliti terbukti secara
signifikan mempengaruhi variabel dependen loyalitas pelanggan. Kemudian
melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel kualitas produk, kualitas pelayanan,
desain produk, harga, dan kepercayaan berpengaruh signifikan secara bersamasama
dalam loyalitas pelanggan. Angka Adjusted R square sebesar 0,532
menunjukkan bahwa 53,2 persen variasi loyalitas pelanggan bisa dijelaskan oleh
kelima variabel independen yang digunakan dalam persamaan regresi. Sedangkan
sisanya sebesar 46,8 persen dijelaskan oleh variabel lain diluar kelimat variabel
yang digunakan dalam penelitian ini.
Keywords : | product quality, service quality, product design, pricing, trust, customer loyalty, kualitas produk, kualitas pelayanan, desain produk, harga, kepercayaan, loyalitas pelanggan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Elok Inajati |
Date Deposited: | 04 Aug 2020 03:33 |
Last Modified: | 04 Aug 2020 03:33 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6490 |