TRISNAWAN, Muhamad Arbi and SUTOPO, Sutopo,(27 December 2011), “ANALISIS PENGARUH LAYANAN DAN HARGA TERHADAP PERILAKU MENCARI VARIASI (VARIETY SEEKING )” (Studi Kasus pada minimarket Toko Tembalang Semarang ). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (460kB)
Download (460kB)
Text
Download (461kB)
Download (461kB)
Text
Download (461kB)
Download (461kB)
Text
Download (461kB)
Download (461kB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Perkembangan ritel lokal Indonesia semakin pesat. Namun hal ini tidak
mudah dalam persaingannya dikarenakan adanya peritel asing yang masuk ke
Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan strategi untuk memenangkan persaingan
tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hal-hal yang mempengaruhi
perilaku mencari variasi pada sebuah toko / ritel. Variabel layanan dan harga
sebagai variabel tidak terikat dan variabel perilaku mencari variasi sebagai
variabel terikat.
Penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner menggunakan teknik
accidental sampling
(bagian dari metode non-probability sampling
)dan purposive
sampling terhadap 100 responden yang kebetulan ditemukan sebagai mahasiswa
Universitas Diponegoro dan pernah melakukan pembelian di Toko Tembalang
(Totem
). Analisis terhadap data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif dan
kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi
klasik, analisis regresi berganda, uji Goodness of Fit melalui uji F dan uji t serta
analisis koefisien regresi
2
(R
). Analisis kualitatif merupakan interpretasi data yang
diperoleh dalam penelitian serta hasil pengolahan data yang sudah dilaksanakan
dengan memberi keterangan-keterangan dan penjelasan-penjelasan.
Hasil penelitian ini diperoleh dari regresi, variabel layanan berpengaruh
negatif dan signifikan, sedangkan variabel harga berpengaruh positif dan
signifikan terhadap variabel perilaku mencari variasi. Nilai Adjusted R
2
pada
regresi sebesar 0,191 menunjukkan 19,1% dapat dijelaskan oleh kedua variabel
independen dan sebesar 80,9% dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar penelitian
ini.
Keywords : | Retail, Service, Price, Variety Seeking Behavior, Ritel, Layanan, Harga, Perilaku Mencari Variasi |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Elok Inajati |
Date Deposited: | 28 Aug 2020 07:22 |
Last Modified: | 28 Aug 2020 07:22 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6686 |