RONAULI, Laura Natalia and INDRIANI, Farida,(22 August 2020), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OBAT GENERIK (Studi pada Konsumen di Apotek Kimia Farma Pandanaran Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (111kB)
Download (111kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (122kB)
Download (122kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (84kB)
Download (84kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (204kB)
Download (204kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (448kB)
Download (448kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (5MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (5MB) | Request a copy
Abstract
Obat generik seringkali menjadi pilihan pasien atau konsumen ketika
membeli suatu produk obat. Obat generik merupakan obat yang diproduksi setelah
berakhirnya masa paten yang melindungi obat bermerek/paten. Penggunaan obat
generik di Indonesia terus meningkat setiap tahun, yang terlihat dari peningkatan
penjualannya, bergantung pada kelancaran belanja pemerintah. Konsumen
membeli obat generik tidak terlepas dari pengaruh berbagai faktor seperti
pengetahuan konsumen tentang obat generik, kelompok referensi, kualitas, dan
persepsi terhadap harga.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan konsumen
tentang obat generik, kelompok referensi, kualitas, dan persepsi terhadap harga
terhadap preferensi konsumen untuk membeli obat generik di Apotek Kimia
Farma Pandanaran Kota Semarang melalui metode quantitative approach
menggunakan teknik non-probability purposive sampling. Analisis dilakukan
menggunakan pemodelan persamaan Structural Equation Modeling (SEM)
melalui SPSS dan AMOS dengan menggunakan 5 variabel yaitu pengetahuan,
kelompok referensi, kualitas, persepsi terhadap harga, dan preferensi konsumen
melalui 29 indikator yang ada pada 5 variabel tersebut.
Hasil penelitian ini yaitu 5 hipotesis yang diajukan diterima dimana
pengetahuan (H1), kelompok referensi (H2), kualitas (H3), persepsi terhadap
harga (H4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi konsumen
untuk membeli obat generik di Apotek Kimia Farma Pandanaran Kota Semarang.
Begitu pula dengan preferensi konsumen (H5) berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan pembelian obat generik di Apotek Kimia Farma Pandanaran
Kota Semarang. Hasil penilaian konsumen yang menjadi responden pada masingmasing indikator dapat menjadi masukan untuk upaya meningkatkan penjualan
obat generik.
Keywords : | Generic drugs, purchasing decisions, consumer preferences, perceptions of prices, quality, reference groups, consumer knowledge, obat generik, keputusan pembelian, preferensi konsumen, persepsi terhadap harga, kualitas, kelompok referensi, pengetahuan konsumen |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Laura Ronauli |
Date Deposited: | 01 Oct 2020 02:46 |
Last Modified: | 01 Oct 2020 02:46 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6908 |