ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OBAT GENERIK (Studi pada Konsumen di Apotek Kimia Farma Pandanaran Kota Semarang)

RONAULI, Laura Natalia and INDRIANI, Farida,(22 August 2020), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN OBAT GENERIK (Studi pada Konsumen di Apotek Kimia Farma Pandanaran Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (111kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (122kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (84kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (204kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (448kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Obat generik seringkali menjadi pilihan pasien atau konsumen ketika membeli suatu produk obat. Obat generik merupakan obat yang diproduksi setelah berakhirnya masa paten yang melindungi obat bermerek/paten. Penggunaan obat generik di Indonesia terus meningkat setiap tahun, yang terlihat dari peningkatan penjualannya, bergantung pada kelancaran belanja pemerintah. Konsumen membeli obat generik tidak terlepas dari pengaruh berbagai faktor seperti pengetahuan konsumen tentang obat generik, kelompok referensi, kualitas, dan persepsi terhadap harga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan konsumen tentang obat generik, kelompok referensi, kualitas, dan persepsi terhadap harga terhadap preferensi konsumen untuk membeli obat generik di Apotek Kimia Farma Pandanaran Kota Semarang melalui metode quantitative approach menggunakan teknik non-probability purposive sampling. Analisis dilakukan menggunakan pemodelan persamaan Structural Equation Modeling (SEM) melalui SPSS dan AMOS dengan menggunakan 5 variabel yaitu pengetahuan, kelompok referensi, kualitas, persepsi terhadap harga, dan preferensi konsumen melalui 29 indikator yang ada pada 5 variabel tersebut. Hasil penelitian ini yaitu 5 hipotesis yang diajukan diterima dimana pengetahuan (H1), kelompok referensi (H2), kualitas (H3), persepsi terhadap harga (H4) berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi konsumen untuk membeli obat generik di Apotek Kimia Farma Pandanaran Kota Semarang. Begitu pula dengan preferensi konsumen (H5) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian obat generik di Apotek Kimia Farma Pandanaran Kota Semarang. Hasil penilaian konsumen yang menjadi responden pada masingmasing indikator dapat menjadi masukan untuk upaya meningkatkan penjualan obat generik.
Keywords : Generic drugs, purchasing decisions, consumer preferences, perceptions of prices, quality, reference groups, consumer knowledge, obat generik, keputusan pembelian, preferensi konsumen, persepsi terhadap harga, kualitas, kelompok referensi, pengetahuan konsumen
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Laura Ronauli
Date Deposited: 01 Oct 2020 02:46
Last Modified: 01 Oct 2020 02:46
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/6908

Actions (login required)

View Item
View Item