PAMUNGKUR, Pamungkur and SUGIARTO, PH,SU.,(February 2012), MEMBANGUN STRATEGI MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) (Studi pada Perguruan Tinggi Swasta di Kopertis Wilayah XI). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (129kB)
Download (129kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (108kB)
Download (108kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (107kB)
Download (107kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (162kB)
Download (162kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (142kB)
Download (142kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (908kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (908kB) | Request a copy
Abstract
Fakta menunjukkan bahwa Indonesia perlu memperkuat kemampuan
bersaing diberbagai bidang dengan pengembangan Sumber Daya Manusia.
Sayangnya SDM kita saat ini memprihatinkan, menurut UNDP. Indonesia
menempati peringkat 109 dari 174, peringkat daya saing ke 46 yang paling bawah
di kawasan Asia Tenggara, Singapura ke-2, Malaysia ke-27. Phillipina ke 32, dan
Tailand ke 34, dan termasuk negara yang paling korup didunia. Menurut Survei
Human Development Index sebagaimana diungkapkan oleh Yutata Hadi Andoyo
Direktur Direktorat Peguruan Tinggi Swasta Ditjen Pendidikan Tinggi Depdiknas,
kualitas SDM Indonesia saat ini menduduki peringkat ke 105. Untuk ilustrasi ,
perangkat SDM di kawasan Asia Tenggara yaitu Singapura menduduki peringkat
25, Brunei 26, Malaysia 56, Thailand 57 dan Pilipina 77. Dalam upaya
peningkatan SDM, peranan pendidikan cukup menonjol. Oleh karena itu sangat
penting bagi pembangunan nasional untuk memfokuskan peningkatan mutu
pendidikan. Pendidikan yang bermutu akan diperoleh pada sekolah yang bermutu,
dan sekolah yang bermutu akan menghasilkan SDM yang bermutu pula.
Penelitian ini diarahkan untuk menguji peran perbaikan berkelanjutan,
komitmen manajemen puncak, dan sistim manajemen mutu dalam mendorong
implementasi TQM sehingga dapat meningkatkan manajemen mutu pendidikan.
Data dikumpulkan dari Ketua Yayasan, Pimpinan, Rektor Perguruan Tinggi
Swasta (PTS) di Kopertis wilayah XI – Kalimantan yang berjumlah 120 PTS
dengan menggunakan kuesioner. Data yang diperoleh selanjutnya digunakan
untuk melakukan analisis data dengan menggunakan teknik analisis SEM.
Hasil pengujian statistik menunjukkan bahwa perbaikan berkelanjutan
terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen
peningkatan mutu pendidikan melalui implementasi TQM, komitmen manajemen
puncak terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen
peningkatan mutu pendidikan melalui implementasi TQM, dan sistim manajemen
mutu terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen
peningkatan mutu pendidikan melalui implementasi TQM.
Keywords : | continuous improvement, top management commitment, quality management systems, implementation of TQM, the management of education quality improvement, perbaikan berkelanjutan, komitmen manajemen puncak, sistim manajemen mutu, implementasi TQM, manajemen peningkatan mutu pendidikan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Eriana Ringgowati |
Date Deposited: | 09 Oct 2020 01:51 |
Last Modified: | 09 Oct 2020 01:51 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7063 |