MEMBANGUN STRATEGI MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) (Studi pada Perguruan Tinggi Swasta di Kopertis Wilayah XI)

PAMUNGKUR, Pamungkur and SUGIARTO, PH,SU.,(February 2012), MEMBANGUN STRATEGI MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) (Studi pada Perguruan Tinggi Swasta di Kopertis Wilayah XI). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (129kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (108kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (107kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (162kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (142kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (908kB) | Request a copy

Abstract

Fakta menunjukkan bahwa Indonesia perlu memperkuat kemampuan bersaing diberbagai bidang dengan pengembangan Sumber Daya Manusia. Sayangnya SDM kita saat ini memprihatinkan, menurut UNDP. Indonesia menempati peringkat 109 dari 174, peringkat daya saing ke 46 yang paling bawah di kawasan Asia Tenggara, Singapura ke-2, Malaysia ke-27. Phillipina ke 32, dan Tailand ke 34, dan termasuk negara yang paling korup didunia. Menurut Survei Human Development Index sebagaimana diungkapkan oleh Yutata Hadi Andoyo Direktur Direktorat Peguruan Tinggi Swasta Ditjen Pendidikan Tinggi Depdiknas, kualitas SDM Indonesia saat ini menduduki peringkat ke 105. Untuk ilustrasi , perangkat SDM di kawasan Asia Tenggara yaitu Singapura menduduki peringkat 25, Brunei 26, Malaysia 56, Thailand 57 dan Pilipina 77. Dalam upaya peningkatan SDM, peranan pendidikan cukup menonjol. Oleh karena itu sangat penting bagi pembangunan nasional untuk memfokuskan peningkatan mutu pendidikan. Pendidikan yang bermutu akan diperoleh pada sekolah yang bermutu, dan sekolah yang bermutu akan menghasilkan SDM yang bermutu pula. Penelitian ini diarahkan untuk menguji peran perbaikan berkelanjutan, komitmen manajemen puncak, dan sistim manajemen mutu dalam mendorong implementasi TQM sehingga dapat meningkatkan manajemen mutu pendidikan. Data dikumpulkan dari Ketua Yayasan, Pimpinan, Rektor Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Kopertis wilayah XI – Kalimantan yang berjumlah 120 PTS dengan menggunakan kuesioner. Data yang diperoleh selanjutnya digunakan untuk melakukan analisis data dengan menggunakan teknik analisis SEM. Hasil pengujian statistik menunjukkan bahwa perbaikan berkelanjutan terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen peningkatan mutu pendidikan melalui implementasi TQM, komitmen manajemen puncak terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen peningkatan mutu pendidikan melalui implementasi TQM, dan sistim manajemen mutu terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap manajemen peningkatan mutu pendidikan melalui implementasi TQM.
Keywords : continuous improvement, top management commitment, quality management systems, implementation of TQM, the management of education quality improvement, perbaikan berkelanjutan, komitmen manajemen puncak, sistim manajemen mutu, implementasi TQM, manajemen peningkatan mutu pendidikan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Eriana Ringgowati
Date Deposited: 09 Oct 2020 01:51
Last Modified: 09 Oct 2020 01:51
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7063

Actions (login required)

View Item
View Item