PRAKOSO, Muchammad Sigit and MUDIANTONO, Mudiantono,(November 2014), ANALISIS PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN STRATEGI BERSAING TERHADAP KINERJA PELAYANAN SECARA SIMULTAN UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING (Studi Kasus Pada Bengkel Jaya Makmur Motor Di Purwodadi Grobogan). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Download (1MB)
Download (1MB)
Text
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan
bengkel jaya makmur motor dalam memberikan kualitas pelayanan yang terbaik
kepada pelangganya melalui variabel kinerja pelayanan yang dipengaruhi oleh
variabel orientasi pasar dan strategi bersaing yang nantinya berdampak pada
keunggulan bersaing. Melihat banyaknya fenomena keluhan pelanggan yang
muncul terhadap pelayanan yang kurang maksimal, maka penelitian ini dilakukan
untuk menganalisis bagaimana meningkatkan kinerja pelayanan melalui
peningkatan orientasi pasar dan strategi bersaing yang berdampak pada
keunggulan bersaing pada perusahaan.
Metode pengumpulan data untuk penelitian ini melalui kuesioner dengan
menggunakan metode purposive sampling. Responden untuk penelitian ini adalah
pelanggan yang menggunakan jasa dari bengkel jaya makmur motor di purwodadi
grobogan yang telah menggunakan jasa servis sebanyak 2 kali, berjumlah 60
orang dengan kriteria usia minimal 16 tahun dan maksimal 55 tahun. Alat analisis
data yang digunakan adalah regresi berganda yang terlebih dahulu diuji dengan uji
validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, pengujian hipotesis melalui uji t, uji f
dan koefisien determinasi (R2
)
Dari hasil analisis menggunakan regresi berganda dapat diketahui bahwa
variabel orientasi pasar (X1) dan strategi bersaing (X2) bersama-sama
berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kinerja pelayanan (Y1) dan
selanjutnya variabel orientasi pasar (X1), strategi bersaing (X2) dan kinerja
pelayanan (Y1) bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap keunggulan
bersaing (Y2). Dan dari penelitian ini juga diketahui bahwa variabel kinerja
pelayanan (Y2) berpengaruh dalam memediasi antara orientasi pasar (X1) dengan
keunggulan bersaing (Y2) dan strategi bersaing (X2) dengan keunggulan bersaing
(Y2).
Keywords : | market orientation, competitive strategy, service performance and competitive advantage., orientasi pasar, strategi bersaing, kinerja pelayanan dan keunggulan bersaing. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 09 Oct 2020 08:47 |
Last Modified: | 09 Oct 2020 08:47 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7120 |