STRATEGI MEMBANGUN KEUNGGULAN BERSAING MELALUI STRATEGI BERSAING STUDI PADA SEKTOR AGRIBISNIS DI KABUPATEN SEMARANG

PRAMONO, Endro and MANGUNWIHARDJO, Suyudi,(30 August 2012), STRATEGI MEMBANGUN KEUNGGULAN BERSAING MELALUI STRATEGI BERSAING STUDI PADA SEKTOR AGRIBISNIS DI KABUPATEN SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (275kB)
[thumbnail of Abstract (inggris)] Text (Abstract (inggris)) - Published Version
Download (250kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak) - Published Version
Download (321kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (253kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (332kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sektor agribisnis memiliki prospek yang baik dan tetap dapat dikembangkan terutama karena Indonesia secara tradisional memiliki beberapa keunggulan komparatif baik dari sisi permintaan (demand side) maupun penawaran (supply side), namun kenyataannya impor produk-produk tersebut masih cukup besar. Hal ini menyebabkan produk agro dalam negeri akan semakin tersisih dengan adanya produk-produk agro dari luar negeri meskipun Indonesia sebagai negara agraris. Mengacu pada fenomena tersebut maka penelitian ini ditujukan untuk menjawab permasalahan mengenai “bagaimana strategi membangun keunggulan bersaing produk agro dalam negeri”. Dalam rangka menjawab permasalahan penelitian yang telah dirumuskan, dikembangkan sebuah model penelitian yang melibatkan empat variabel penelitian yang meliputi variabel skala bisnis dan orientasi inovasi sebagai variabel eksogen dan variabel strategi bersaing dan keunggulan bersaing sebagai variabel endogen. Data mengenai variabel-variabel tersebut diperoleh melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner kepada 120 pemilik atau pengelola budidaya agro di Kabupaten Semarang. Data-data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM). Hasil pengujian dengan menggunakan teknik analisis SEM menunjukkan bahwa strategi bersaing terbukti dipengaruhi oleh skala bisnis dan orientasi inovasi yang dimiliki oleh pemilik atau pengelola budidaya agro di Kabupaten Semarang sedangkan untuk meningkatkan keunggulan bersaing dipengaruhi oleh skala bisnis, orientasi inovasi, dan strategi bersaing yang baik.
Keywords : scale of business, innovation orientation, competitive strategy, competitive advantage, Skala bisnis, orientasi inovasi, strategi bersaing, keunggulan bersaing
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Eriana Ringgowati
Date Deposited: 12 Oct 2020 04:21
Last Modified: 12 Oct 2020 04:21
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7166

Actions (login required)

View Item
View Item