PRAMONO, Endro and MANGUNWIHARDJO, Suyudi,(30 August 2012), STRATEGI MEMBANGUN KEUNGGULAN BERSAING MELALUI STRATEGI BERSAING STUDI PADA SEKTOR AGRIBISNIS DI KABUPATEN SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (275kB)
Download (275kB)
Text (Abstract (inggris))
- Published Version
Download (250kB)
Download (250kB)
Text (Abstrak)
- Published Version
Download (321kB)
Download (321kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (253kB)
Download (253kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (332kB)
Download (332kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Sektor agribisnis memiliki prospek yang baik dan tetap dapat dikembangkan
terutama karena Indonesia secara tradisional memiliki beberapa keunggulan
komparatif baik dari sisi permintaan (demand side) maupun penawaran (supply side),
namun kenyataannya impor produk-produk tersebut masih cukup besar. Hal ini
menyebabkan produk agro dalam negeri akan semakin tersisih dengan adanya
produk-produk agro dari luar negeri meskipun Indonesia sebagai negara agraris.
Mengacu pada fenomena tersebut maka penelitian ini ditujukan untuk menjawab
permasalahan mengenai “bagaimana strategi membangun keunggulan bersaing
produk agro dalam negeri”.
Dalam rangka menjawab permasalahan penelitian yang telah dirumuskan,
dikembangkan sebuah model penelitian yang melibatkan empat variabel penelitian
yang meliputi variabel skala bisnis dan orientasi inovasi sebagai variabel eksogen dan
variabel strategi bersaing dan keunggulan bersaing sebagai variabel endogen. Data
mengenai variabel-variabel tersebut diperoleh melalui wawancara dengan
menggunakan kuesioner kepada 120 pemilik atau pengelola budidaya agro di
Kabupaten Semarang. Data-data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan
teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM).
Hasil pengujian dengan menggunakan teknik analisis SEM menunjukkan
bahwa strategi bersaing terbukti dipengaruhi oleh skala bisnis dan orientasi inovasi
yang dimiliki oleh pemilik atau pengelola budidaya agro di Kabupaten Semarang
sedangkan untuk meningkatkan keunggulan bersaing dipengaruhi oleh skala bisnis,
orientasi inovasi, dan strategi bersaing yang baik.
Keywords : | scale of business, innovation orientation, competitive strategy, competitive advantage, Skala bisnis, orientasi inovasi, strategi bersaing, keunggulan bersaing |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Eriana Ringgowati |
Date Deposited: | 12 Oct 2020 04:21 |
Last Modified: | 12 Oct 2020 04:21 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7166 |