MEMBANGUN HUBUNGAN JANGKA PANJANG MELALUI RASA PERCAYA DAN KOMITMEN PENGARUHNYA PADA KEUNGGULAN BERSAING (Studi Pada Outlet Selular PT Mobile-8 Telecom Tbk di Semarang)

JATI, Budi Pramono Jati and MIYASTO, Miyasto,(5 September 2009), MEMBANGUN HUBUNGAN JANGKA PANJANG MELALUI RASA PERCAYA DAN KOMITMEN PENGARUHNYA PADA KEUNGGULAN BERSAING (Studi Pada Outlet Selular PT Mobile-8 Telecom Tbk di Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (5MB)
[thumbnail of Abstract ( Inggris)] Text (Abstract ( Inggris)) - Published Version
Download (5MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (5MB)
[thumbnail of Daftar isi] Text (Daftar isi) - Published Version
Download (6MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (6MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini menganalisis strategi membangun hubungan jangka panjang dari rasa percaya melalui komitmen serta pengaruhnya pada keunggulan bersaing. Obyek penelitian ini adalah para pemilik outlet yang menjual produk PT Mobile-8 Tbk di Semarang. Permasalahan penelitian merujuk pada fenomena bisnis PT Mobile-8 Tbk Semarang. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah : Bagaimana membangun hubungan jangka panjang melalui rasa percaya dan komitmen pengaruhnya pada keunggulan bersaing? Tujuan umum penelitian ini adalah untuk menganalisis proses membangun hubungan jangka panjang dari rasa percaya melalui komitmen serta pengaruhnya pada keunggulan bersaing. Pemodelan yang dirumuskan bertujuan memberikan pemahaman dalam konsep dan pengukuran manajemen hubungan jangka panjang dengan para outlet. Variabel yang digunakan adalah komunikasi, reputasi, rasa percaya, komitmen, hubungan jangka panjang, keunggulan bersaing. Selain sebuah kerangka pemikiran teoritis, penelitian ini juga merumuskan enam hipotesis. Penelitian ini menggunakan 175 responden dari kurang lebih 1740 outlet aktif yang menjual produk PT Mobile-8 Tbk Semarang. Analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan program komputer Amos 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi berpengaruh positip terhadap rasa percaya, reputasi berpengaruh positip terhadap rasa percaya, rasa percaya berpengaruh positip terhadap komitmen, komitmen berpengaruh positip terhadap hubungan jangka panjang, rasa percaya berpengaruh positip terhadap hubungan jangka panjang, hubungan jangka panjang berpengaruh positip terhadap keunggulan bersaing. Untuk meningkatkan keunggulan bersaing. Hal yang perlu mendapat perhatian PT Mobile-8 Tbk Semarang adalah: frekuensi komunikasi, rasa percaya terhadap kewajiban yang dijanjikan perusahaan, keterbukaan perusahaan, reputasi yang baik, rasa percaya terhadap kewajiban yang dijanjikan perusahaan, keterbukaan perusahaan, kesetiaan penyalur pada perusahaan, fokus (kesamaan) tujuan jangka panjang.
Keywords : Communication, Reputation, Trust, Commitment, Longterm Relationship, Competitive Advantages, Komunikasi, Reputasi, Rasa percaya, Komitmen, Hubungan Jangka Panjang, Keunggulan bersaing.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Eriana Ringgowati
Date Deposited: 20 Oct 2020 07:53
Last Modified: 20 Oct 2020 07:53
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7377

Actions (login required)

View Item
View Item