ANALISIS KESUKSESAN PRODUK MELALUI BRAND EXTENSION DIUKUR DARI MINAT BELI (Kasus pada Merek Lifebuoy “Shampo” di Kota Poso)

LUBALU, Adolf Ostaf Sovith and WARIDIN, Waridin,(26 April 2012), ANALISIS KESUKSESAN PRODUK MELALUI BRAND EXTENSION DIUKUR DARI MINAT BELI (Kasus pada Merek Lifebuoy “Shampo” di Kota Poso). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (109kB)
[thumbnail of Abstract (Inggris)] Text (Abstract (Inggris)) - Published Version
Download (114kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (114kB)
[thumbnail of Daftar isi] Text (Daftar isi) - Published Version
Download (117kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (121kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (730kB) | Request a copy

Abstract

Upaya melakukan brand extension tidak selalu memberikan hasil yang memuaskan. Perusahaan kelas dunia pu acap kali gagal dalam melakukan brand extension. Brand extension juga pernah dilakukan oleh Lifebuoy untuk bersaing dengan produk shampo lainnya. Mengusung nama besar perusahaan Unilever serta merek fenomenal sabun batangan Lifebuoy. Ekstensi merek Lifebuoy tersebut ternyata dapat diterima oleh pelanggan. Berdasarkan fenomena tersebut maka, penelitian ini ditujukan untuk menganalisis kesuksesan produk melalui brand extension yang diukur melalui minat beli. Model yang dikembangkan dalam penelitian ini melibatkan enam variabel penelitian yang meliputi pengetahuan tentang merek induk, kredibilitas perusahaan, persepsi kualitas pada merek ekstensi, citra merek ekstensi, asosiasi merek pada merek induk, dan minat beli pada merek ekstensi. Data yang diperlukan diperoleh melalui wawancara kepada 180 responden yang membeli merek Lifebuoy dan dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) Hasil pengujian menunjukkan pengetahuan merk induk terbukti memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap persepsi kualitas merk ekstensi, kredibilitas perusahaan terbukti memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap persepsi kualitas merk ekstensi, statistik kredibilitas perusahaan terbukti memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap asosiasi merk induk, persepsi kualitas merk ekstensi terbukti memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap citra merk ekstensi, citra merk ekstensi terbukti memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli merk ekstensi, asosiasi merk induk terbukti memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap citra merk ekstensi, dan merk induk terbukti memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli merk ekstensi.
Keywords : Purchase Intention of the Brand extension, Minat beli pada merek ekstensi
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Eriana Ringgowati
Date Deposited: 23 Oct 2020 07:59
Last Modified: 23 Oct 2020 07:59
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7475

Actions (login required)

View Item
View Item