LUBALU, Adolf Ostaf Sovith and WARIDIN, Waridin,(26 April 2012), ANALISIS KESUKSESAN PRODUK MELALUI BRAND EXTENSION DIUKUR DARI MINAT BELI (Kasus pada Merek Lifebuoy “Shampo” di Kota Poso). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (109kB)
Download (109kB)
Text (Abstract (Inggris))
- Published Version
Download (114kB)
Download (114kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (114kB)
Download (114kB)
Text (Daftar isi)
- Published Version
Download (117kB)
Download (117kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (121kB)
Download (121kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (730kB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (730kB) | Request a copy
Abstract
Upaya melakukan brand extension tidak selalu memberikan hasil yang
memuaskan. Perusahaan kelas dunia pu acap kali gagal dalam melakukan brand
extension. Brand extension juga pernah dilakukan oleh Lifebuoy untuk bersaing
dengan produk shampo lainnya. Mengusung nama besar perusahaan Unilever
serta merek fenomenal sabun batangan Lifebuoy. Ekstensi merek Lifebuoy
tersebut ternyata dapat diterima oleh pelanggan. Berdasarkan fenomena tersebut
maka, penelitian ini ditujukan untuk menganalisis kesuksesan produk melalui
brand extension yang diukur melalui minat beli.
Model yang dikembangkan dalam penelitian ini melibatkan enam variabel
penelitian yang meliputi pengetahuan tentang merek induk, kredibilitas
perusahaan, persepsi kualitas pada merek ekstensi, citra merek ekstensi, asosiasi
merek pada merek induk, dan minat beli pada merek ekstensi. Data yang
diperlukan diperoleh melalui wawancara kepada 180 responden yang membeli
merek Lifebuoy dan dianalisis dengan menggunakan Structural Equation
Modeling (SEM)
Hasil pengujian menunjukkan pengetahuan merk induk terbukti memiliki
pengaruh yang positif dan signifikan terhadap persepsi kualitas merk ekstensi,
kredibilitas perusahaan terbukti memiliki pengaruh yang positif dan signifikan
terhadap persepsi kualitas merk ekstensi, statistik kredibilitas perusahaan terbukti
memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap asosiasi merk induk,
persepsi kualitas merk ekstensi terbukti memiliki pengaruh yang positif dan
signifikan terhadap citra merk ekstensi, citra merk ekstensi terbukti memiliki
pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli merk ekstensi, asosiasi
merk induk terbukti memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap citra
merk ekstensi, dan merk induk terbukti memiliki pengaruh yang positif dan
signifikan terhadap minat beli merk ekstensi.
Keywords : | Purchase Intention of the Brand extension, Minat beli pada merek ekstensi |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Eriana Ringgowati |
Date Deposited: | 23 Oct 2020 07:59 |
Last Modified: | 23 Oct 2020 07:59 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7475 |