ANALISIS PENGARUH MUTU PRODUK, KESESUAIAN HARGA DENGAN MANFAAT, DAN VARIASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN Studi pada Perusahaan Teh Sosro di Kota Semarang

SURYO, Solinar and SANTOSA, Purbayu Budi,(5 May 2012), ANALISIS PENGARUH MUTU PRODUK, KESESUAIAN HARGA DENGAN MANFAAT, DAN VARIASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN Studi pada Perusahaan Teh Sosro di Kota Semarang. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (172kB)
[thumbnail of Abstract (Inggris)] Text (Abstract (Inggris)) - Published Version
Download (108kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (98kB)
[thumbnail of Daftar  Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (100kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (128kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh mutu produk, kesesuaian harga dan variasi produk terhadap kepuasan pelanggan. Penggunaan variabel-variabel tersebut dapat memecahkan permasalahan yang terjadi pada Teh Sosro. Masalah dalam penelitian ini adalah tingkat kritik yang diterima oleh Teh Sosro melebihi target yang ditoleransi sebanyak 10 kritik untuk setiap bulannya (Kotler, 2000), sementara fenomena yang sebenarnya Teh sosro menerima 19 kritik dan 13 saran (Manajemen Teh Sosro, 2011). Hal ini perlu diperhatikan mengingat, pelanggan merasakan produk yang diberikan Teh Sosro yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan. Sampel penelitian ini adalah pelanggan Teh Sosro, sejumlah 97 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan persamaan kuadrat terkecil dan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefisien regresi parsial serta f-statistik untuk menguji keberartian pengaruh secara bersama-sama dengan level of significance 5%. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji dan heteroskedastisitas Hasil analisis menunjukkan bahwa mutu produk, kesesuaian harga dan variasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Temuan empiris tersebut mengindikasikan bahwa untuk meningkatkan kepuasan pelanggan Teh Sosro, manajemen perusahaan perlu memperhatikan faktor-faktor seperti mutu produk, kesesuaian harga dan variasi produk, karena faktor-faktor tersebut terbukti mempengaruhi tinggi rendahnya kepuasan pelanggan. Variasi produk merupakan variabel yang paling dominan, sehingga manajemen Teh Sosro perlu mempertahankan dan meningkatkan variasi produk melalui kebijakan perusahaan yang menarik seperti adanya potongan harga, hal ini guna merangsang minat beli dan wujud penghargaan manajemen kepada calon pembeli.
Keywords : product quality, price, product variation, and customer satisfaction, mutu produk, kesesuaian harga, variasi produk, dan kepuasan pelanggan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Eriana Ringgowati
Date Deposited: 26 Oct 2020 06:19
Last Modified: 26 Oct 2020 06:19
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7480

Actions (login required)

View Item
View Item