SURYO, Solinar and SANTOSA, Purbayu Budi,(5 May 2012), ANALISIS PENGARUH MUTU PRODUK, KESESUAIAN HARGA DENGAN MANFAAT, DAN VARIASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN Studi pada Perusahaan Teh Sosro di Kota Semarang. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (172kB)
Download (172kB)
Text (Abstract (Inggris))
- Published Version
Download (108kB)
Download (108kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (98kB)
Download (98kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (100kB)
Download (100kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (128kB)
Download (128kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh mutu produk,
kesesuaian harga dan variasi produk terhadap kepuasan pelanggan. Penggunaan
variabel-variabel tersebut dapat memecahkan permasalahan yang terjadi pada Teh
Sosro. Masalah dalam penelitian ini adalah tingkat kritik yang diterima oleh Teh
Sosro melebihi target yang ditoleransi sebanyak 10 kritik untuk setiap bulannya
(Kotler, 2000), sementara fenomena yang sebenarnya Teh sosro menerima 19
kritik dan 13 saran (Manajemen Teh Sosro, 2011). Hal ini perlu diperhatikan
mengingat, pelanggan merasakan produk yang diberikan Teh Sosro yang dapat
mempengaruhi kepuasan pelanggan.
Sampel penelitian ini adalah pelanggan Teh Sosro, sejumlah 97 orang.
Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan persamaan
kuadrat terkecil dan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefisien
regresi parsial serta f-statistik untuk menguji keberartian pengaruh secara
bersama-sama dengan level of significance 5%. Selain itu juga dilakukan uji
asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji dan
heteroskedastisitas
Hasil analisis menunjukkan bahwa mutu produk, kesesuaian harga dan
variasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
Temuan empiris tersebut mengindikasikan bahwa untuk meningkatkan kepuasan
pelanggan Teh Sosro, manajemen perusahaan perlu memperhatikan faktor-faktor
seperti mutu produk, kesesuaian harga dan variasi produk, karena faktor-faktor
tersebut terbukti mempengaruhi tinggi rendahnya kepuasan pelanggan. Variasi
produk merupakan variabel yang paling dominan, sehingga manajemen Teh Sosro
perlu mempertahankan dan meningkatkan variasi produk melalui kebijakan
perusahaan yang menarik seperti adanya potongan harga, hal ini guna merangsang
minat beli dan wujud penghargaan manajemen kepada calon pembeli.
Keywords : | product quality, price, product variation, and customer satisfaction, mutu produk, kesesuaian harga, variasi produk, dan kepuasan pelanggan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Eriana Ringgowati |
Date Deposited: | 26 Oct 2020 06:19 |
Last Modified: | 26 Oct 2020 06:19 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7480 |