MUTMAINNAH, Arifia C and SOESANTO, Harry and SOFYAN, H. Syuhada,(28 December 2016), STUDI TENTANG PENGARUH KEMAMPUAN MERESPON PASAR DAN INOVASI PRODUK TERHADAP PENETRASI PASAR PADA KINERJA PEMASARAN (Studi Empiris pada: Industri Rumahan Telur Asin di Kabupaten Brebes). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Abstrak-Inggris)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Abstrak-Indonesia)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Fullteks PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh kemampuan merespon pasar dan inovasi produk terhadap penetrasi pasar pada kinerja pemasaran. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana cara untuk meningkatkan kinerja pemasaran.
Populasi dan Sampel yang dipilih dalam penelitian ini adalah Industri Rumahan Telor Asin di Kabupaten Brebes yang berjumlah 102 responden dilakukan dengan metode sensus. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan jawaban nilai 1 (sangat tidak setuju) sampai dengan 7 (sangat setuju). Alat analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Modelling (SEM) melalui program AMOS.
Dari hasil analisis data yang menunjukkan bahwa model penelitian dapat diterima dengan full structural equation model, indeks goodness of fit adalah Chi-Square = 77,930; df = 59; Probability = 0,768; RMSEA = 0,001; GFI = 0,932; AGFI = 0,868; TLI = 1,018; dan CFI = 1,000. Tiga hipotesis dapat diterima karena memenuhi syarat. Tiga hipotesis tersebut yaitu kemampuan merespon pasar terhadap penetrasi pasar, inovasi produk terhadap kinerja pemasaran, dan penetrasi pasar terhadap kinerja pemasaran.
Kesimpulan dari hasil pengujian model yang diterapkan pada Industri Rumahan Telor Asin di Kabupaten Brebes menunjukkan bahwa untuk mendapatkan penetrasi pasar dalam kinerja pemasaran adalah melihat besarnya kemampuan merespon pasar. Sedangkan untuk mendapatkan penetrasi pasar dalam kinerja pemasaran adalah melihat besarnya inovasi produk. Penelitian ini memberikan beberapa keterbatasan penelitian serta agenda penelitian mendatang yang bias dilakukan pada penelitian lanjutan
Keywords : | market sensing, product innovation, market penetration, marketing performance, Kemampuan merespon pasar, inovasi produk, penetrasi pasar, Kinerja Pemasaran |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Yuwono Yuwono |
Date Deposited: | 06 Nov 2020 02:58 |
Last Modified: | 06 Nov 2020 02:58 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7563 |