ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) (Studi empiris pada perusahaan yang listing di BEI tahun 2005-2010)

WIJAYA, Rahadian Hadi and SYAFRUDDIN, Muchamad,(16 July 2012), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) (Studi empiris pada perusahaan yang listing di BEI tahun 2005-2010). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (182kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (63kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (64kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (123kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (218kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Initial Public Offering (IPO) merupakan kegiatan yang dilakukan perusahaan dalam rangka penawaran umum saham perdana. Saham-saham yang tercatat di pasar perdana pada umumnya diminati investor karena memberikan initial return. Return ini mengindikasikan terjadinya underpricing saham dipasar perdana ketika masuk pasar sekunder. Underpricing adalah kondisi dimana harga saham pada waktu penawaran perdana relatif terlalu murah dibandingkan harga dipasar sekunder. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis variable-variabel yang mempengaruhi terjadinya underpricing pada saham-saham yang di jual di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2005-2010. Faktor-faktor tersebut adalah Debt to Equity Ratio, Return On Assets, Earning per Share, Umur perusahaan, Reputasi auditor, Reputasi underwriter, Ukuran Perusahaan dan Persentase Penawaran Saham. Pada periode tersebut terdapat 58 perusahaan yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari variable Debt to Equity Rasio, Return On Assets, Earning per Share, Umur perusahaan, Reputasi auditor, Reputasi underwriter, Ukuran Perusahaan, dan Persentase Penawaran Saham terhadap tingkat underpricing. Hasil analisis regresi secara parsial menunjukan bahwa variabe Earning Per Share, Reputasi Auditor, Reputasi Underwriter, Persentase saham yang ditawarkan dan Ukuran perusahaan berpengaruh secara signifikan terhadap underpricing. Sedangkan secara simultan diperoleh hasil variabel Debt to Equity Rasio, Return On Assets, Earning per Share, Umur perusahaan, Reputasi Auditor, Reputasi Underwriter, Ukuran Perusahaan dan Prosentase Penawaran Saham berpengaruh secara signifikan terhadap underpricing.
Keywords : Underpricing, Debt to Equity Ratio, Return On Assets, Earning per Share, Firms Age, Firms Size, Auditors Reputation, Underwriters reputation, Percentage of Shares Offered., Underpricing, Debt to Equity Ratio, Return On Assets, Earning per Share, Umur perusahaan, Reputasi Auditor, Reputasi Underwriter, Ukuran Perusahaan, dan Persentase Penawaran Saham.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Eriana Ringgowati
Date Deposited: 01 Dec 2020 01:57
Last Modified: 01 Dec 2020 01:57
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7712

Actions (login required)

View Item
View Item