WIJAYA, Rahadian Hadi and SYAFRUDDIN, Muchamad,(16 July 2012), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) (Studi empiris pada perusahaan yang listing di BEI tahun 2005-2010). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (182kB)
Download (182kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (63kB)
Download (63kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (64kB)
Download (64kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (123kB)
Download (123kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (218kB)
Download (218kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Initial Public Offering (IPO) merupakan kegiatan yang dilakukan perusahaan
dalam rangka penawaran umum saham perdana. Saham-saham yang tercatat di pasar
perdana pada umumnya diminati investor karena memberikan initial return. Return
ini mengindikasikan terjadinya underpricing saham dipasar perdana ketika masuk
pasar sekunder. Underpricing adalah kondisi dimana harga saham pada waktu
penawaran perdana relatif terlalu murah dibandingkan harga dipasar sekunder.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis variable-variabel yang
mempengaruhi terjadinya underpricing pada saham-saham yang di jual di Bursa Efek
Indonesia untuk periode 2005-2010. Faktor-faktor tersebut adalah Debt to Equity
Ratio, Return On Assets, Earning per Share, Umur perusahaan, Reputasi auditor,
Reputasi underwriter, Ukuran Perusahaan dan Persentase Penawaran Saham. Pada
periode tersebut terdapat 58 perusahaan yang digunakan dalam penelitian ini.
Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Adapun tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari variable Debt to Equity
Rasio, Return On Assets, Earning per Share, Umur perusahaan, Reputasi auditor,
Reputasi underwriter, Ukuran Perusahaan, dan Persentase Penawaran Saham
terhadap tingkat underpricing.
Hasil analisis regresi secara parsial menunjukan bahwa variabe Earning Per
Share, Reputasi Auditor, Reputasi Underwriter, Persentase saham yang ditawarkan
dan Ukuran perusahaan berpengaruh secara signifikan terhadap underpricing.
Sedangkan secara simultan diperoleh hasil variabel Debt to Equity Rasio, Return On
Assets, Earning per Share, Umur perusahaan, Reputasi Auditor, Reputasi
Underwriter, Ukuran Perusahaan dan Prosentase Penawaran Saham berpengaruh
secara signifikan terhadap underpricing.
Keywords : | Underpricing, Debt to Equity Ratio, Return On Assets, Earning per Share, Firms Age, Firms Size, Auditors Reputation, Underwriters reputation, Percentage of Shares Offered., Underpricing, Debt to Equity Ratio, Return On Assets, Earning per Share, Umur perusahaan, Reputasi Auditor, Reputasi Underwriter, Ukuran Perusahaan, dan Persentase Penawaran Saham. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Eriana Ringgowati |
Date Deposited: | 01 Dec 2020 01:57 |
Last Modified: | 01 Dec 2020 01:57 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7712 |