MEMBANGUN KEUNGGULAN KOMPETITIF MELALUI ALIANSI STRATEJIK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada PT. Pos Indonesia Wilayah VI Jateng dan DIY)

Prasetya, GL. HERY and MIYASTO, Miyasto and DJUWADI, Djuwadi,(24 March 2008), MEMBANGUN KEUNGGULAN KOMPETITIF MELALUI ALIANSI STRATEJIK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada PT. Pos Indonesia Wilayah VI Jateng dan DIY). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (668kB)
[thumbnail of Abstrak Inggris] Text (Abstrak Inggris) - Published Version
Download (757kB)
[thumbnail of Abstrak Indonesia] Text (Abstrak Indonesia) - Published Version
Download (651kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (660kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (906kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh antar variabel guna menjawab permasalahan bagaimana inovasi produk, aliansi stratejik dan perubahan lingkungan menciptakan keunggulan kompetitif yang akan meningkatkan kinerja perusahaan. Penelitian ini memberikan implikasi teoritis serta implikasi manajerial mengenai langkah yang harus diambil oleh PT. Pos Indonesia untuk meningkatkan kinerja perusahaannya melalui keunggulan kompetitif yang didapat dari inovasi produk, aliansi stratejik dan perubahan lingkungan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kantor pos di wilayah VI Jateng dan DIY yang sudah on-line. Dari 272 kuesioner yang disebar, yang kembali hanya 111. Data jawaban dari responden tersebut kemudian dianalisis kesesuaiannya dengan model penelitian yang dikembangkan dari kerangka teoritis menggunakan analisis konfirmatori SEM. Dari hasil analisis data terlihat bahwa dari enam hipotesis, hanya empat yang diterima. Perubahan lingkungan terbukti berpengaruh positif terhadap aliansi stratejik dan keunggulan kompetitif, aliansi stratejik berpengaruh positif terhadap keunggulan kompetitif dan keunggulan kompetitif berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan. Inovasi produk terbukti tidak memiliki pengaruh terhadap aliansi stratejik dan keunggulan kompetitif.
Keywords : Innovation Product, Strategic Alliance, Change of Environment, Competitive Advantage and Company Performance., Inovasi Produk, Aliansi Stratejik, Perubahan Lingkungan, Keunggulan Kompetitif dan Kinerja Perusahaan.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Nila Nurjanah
Date Deposited: 07 Dec 2020 03:25
Last Modified: 07 Dec 2020 03:25
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7748

Actions (login required)

View Item
View Item