Prasetya, GL. HERY and MIYASTO, Miyasto and DJUWADI, Djuwadi,(24 March 2008), MEMBANGUN KEUNGGULAN KOMPETITIF MELALUI ALIANSI STRATEJIK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus Pada PT. Pos Indonesia Wilayah VI Jateng dan DIY). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (668kB)
Download (668kB)
Text (Abstrak Inggris)
- Published Version
Download (757kB)
Download (757kB)
Text (Abstrak Indonesia)
- Published Version
Download (651kB)
Download (651kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (660kB)
Download (660kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (906kB)
Download (906kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh antar variabel guna
menjawab permasalahan bagaimana inovasi produk, aliansi stratejik dan
perubahan lingkungan menciptakan keunggulan kompetitif yang akan
meningkatkan kinerja perusahaan. Penelitian ini memberikan implikasi teoritis
serta implikasi manajerial mengenai langkah yang harus diambil oleh PT. Pos
Indonesia untuk meningkatkan kinerja perusahaannya melalui keunggulan
kompetitif yang didapat dari inovasi produk, aliansi stratejik dan perubahan
lingkungan.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kantor pos di wilayah VI
Jateng dan DIY yang sudah on-line. Dari 272 kuesioner yang disebar, yang
kembali hanya 111. Data jawaban dari responden tersebut kemudian dianalisis
kesesuaiannya dengan model penelitian yang dikembangkan dari kerangka teoritis
menggunakan analisis konfirmatori SEM. Dari hasil analisis data terlihat bahwa
dari enam hipotesis, hanya empat yang diterima. Perubahan lingkungan terbukti
berpengaruh positif terhadap aliansi stratejik dan keunggulan kompetitif, aliansi
stratejik berpengaruh positif terhadap keunggulan kompetitif dan keunggulan
kompetitif berpengaruh positif terhadap kinerja perusahaan. Inovasi produk
terbukti tidak memiliki pengaruh terhadap aliansi stratejik dan keunggulan
kompetitif.
Keywords : | Innovation Product, Strategic Alliance, Change of Environment, Competitive Advantage and Company Performance., Inovasi Produk, Aliansi Stratejik, Perubahan Lingkungan, Keunggulan Kompetitif dan Kinerja Perusahaan. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Nila Nurjanah |
Date Deposited: | 07 Dec 2020 03:25 |
Last Modified: | 07 Dec 2020 03:25 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7748 |