ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN, KINERJA KEUANGAN DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Yang Masuk Index KOMPAS 100 di BEI Tahun 2008-2010)

SARI, Yeni Arum and PAMUDJI, Sugeng,(June 2012), ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK PERUSAHAAN, KINERJA KEUANGAN DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (Studi Pada Perusahaan Yang Masuk Index KOMPAS 100 di BEI Tahun 2008-2010). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (54kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (47kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (68kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (76kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengalisis pengaruh dari karakteritik perusahaan [Ukuran Perusahaan (SIZE), Basis Perusahaan (BASE)], Kinerja Keuangan [Likuiditas (LIK), Leverage (LEV), Profitabilitas (PRO)], Good Corporate Governance (GCG) [(Kepemilikan Publik (PUB), Ukuran Dewan Komisaris (KOM)] terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) pada perusahaan yang masuk dalam Index KOMPAS 100 di Bursa Efek Indonesia periode 2008-2010. Penelitian menggunakan metode purposive sampling untuk pengambilan sampel. Data diperoleh berdasarkan publikasi Indonesian Capital Market Directory (ICMD) dan www.idx.co.id, diperoleh jumlah sampel 28 perusahaan dalam Index KOMPAS 100. Teknis analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan uji statistik F menunjukkan bahwa model telah memenuhi kriteria fit karena memiliki nilai signifikansi yang kurang dari taraf nyata (α) 5%. Sedangkan berdasarkan uji statistik T menunjukkan bahwa LIK berpengaruh signifikan positif terhadap CSR karena memiliki nilai signifikansi kurang dari taraf nyata (α) 5%. Sedangkan variabel SIZE, BASE, LEV, PRO, KOM dan PUB tidak berpengaruh terhadap CSR karena memiliki nilai signifikansi lebih dari taraf nyata (α) 5%. Hasil analisis menunjukkan bahwa besarnya kemampuan prediksi dari ketujuh variabel independen (SIZE, BASE, LIK, LEV, PRO, PUB, dan KOM terhadap CSR) adalah sebesar 17,3% yang ditunjukkan dari besarnya adjusted R 2 , sisanya sebesar 82,7% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model penelitian.
Keywords : SIZE, Type industry (BASE), Liquidity (LIK), Leverage (LEV), Profitability (PRO), Public Ownership (PUB), The Board of Commissioners (KOM), disclosure of corporate social responsibility (CSR), Ukuran Perusahaan (SIZE), Basis Perusahaan (BASE), Likuiditas (LIK), Leverage (LEV), Profitabilitas (PRO), Ukuran Dewan Komisaris (KOM), Kepemilikan Publik (PUB), Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR).
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Eriana Ringgowati
Date Deposited: 08 Dec 2020 02:33
Last Modified: 08 Dec 2020 02:33
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7755

Actions (login required)

View Item
View Item