ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) KOTA SEMARANG

RAHMAN, Suwignyo and SUGIARTO, PH,SU.,(28 September 2011), ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (892kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (882kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (880kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (895kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltesxt PDF Bookmarks] Text (Fulltesxt PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kualitas pelayanan adalah kekuatan pengendali yang mampu menciptakan dorongan terhadap seluruh stakeholder yang terlibat dan bertanggungjawab terhadap pelayanan publik. Dalam kualitas pelayanan publik, maka penyedia layanan publik diharapkan akan mampu memberikan kepuasan kepada pengguna layanan termasuk di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Semarang dalam. Ada lima hipotesis yang akan dibuktikan dalam penelitian ini, yaitu H1 : Fasilitas Kamar Pelayanan Kesehatan mempunyai pengaruh positif terhadap Kualitas Pelayanan; H2 : Administrasi Pelayanan Kesehatan mempunyai pengaruh positif terhadap Kualitas Pelayanan; H3 : SDM Petugas Medis mempunyai pengaruh positif terhadap Kualitas Pelayanan; H4 : SDM Petugas Paramedis mempunyai pengaruh positif terhadap Kualitas Pelayanan; H5 : Kualitas Pelayanan mempunyai pengaruh positif terhadap Kepuasan Pengguna Layanan. Dalam penelitian ini sampel yang diambil adalah 225 responden. Metode yang dipilih untuk menganalisis data harus sesuai dengan pola penelitian dan variabel yang akan diteliti. Pada penelitian ini The Structural Equation Modelling (SEM) dari paket software statistik AMOS digunakan dalam pengembangan model dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan Pengujian Hipotesis 1, H1 : Fasilitas Kamar Pelayanan Kesehatan mempunyai pengaruh positif terhadap Kualitas Pelayanan. Pengujian Hipotesis 2, H2 : Administrasi Pelayanan Kesehatan mempunyai pengaruh positif terhadap Kualitas Pelayanan. Pengujian Hipotesis 3, H3 : SDM Petugas Medis mempunyai pengaruh positif terhadap Kualitas Pelayanan. Pengujian Hipotesis 4, H4 : SDM Petugas Paramedis mempunyai pengaruh positif terhadap Kualitas Pelayanan. Pengujian Hipotesis 5, H5 : Kualitas Pelayanan mempunyai pengaruh positif terhadap Kepuasan Pengguna Layanan.
Keywords : Room Facilities, Administrative Services, Medical Officer, Paramedic Officer, Quality Service, Customer Satisfaction, Fasilitas Kamar, Administrasi Pelayanan, Petugas Medis, Petugas Paramedis, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pengguna Layanan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Eriana Ringgowati
Date Deposited: 23 Dec 2020 03:58
Last Modified: 23 Dec 2020 03:58
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7874

Actions (login required)

View Item
View Item