RAHMAN, Suwignyo and SUGIARTO, PH,SU.,(28 September 2011), ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA LAYANAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH (RSUD) KOTA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (892kB)
Download (892kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (882kB)
Download (882kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (880kB)
Download (880kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (895kB)
Download (895kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Fulltesxt PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Kualitas pelayanan adalah kekuatan pengendali yang mampu menciptakan
dorongan terhadap seluruh stakeholder yang terlibat dan bertanggungjawab
terhadap pelayanan publik. Dalam kualitas pelayanan publik, maka penyedia
layanan publik diharapkan akan mampu memberikan kepuasan kepada pengguna
layanan termasuk di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Semarang dalam.
Ada lima hipotesis yang akan dibuktikan dalam penelitian ini, yaitu H1 : Fasilitas
Kamar Pelayanan Kesehatan mempunyai pengaruh positif terhadap Kualitas
Pelayanan; H2 : Administrasi Pelayanan Kesehatan mempunyai pengaruh positif
terhadap Kualitas Pelayanan; H3 : SDM Petugas Medis mempunyai pengaruh
positif terhadap Kualitas Pelayanan; H4 : SDM Petugas Paramedis mempunyai
pengaruh positif terhadap Kualitas Pelayanan; H5 : Kualitas Pelayanan
mempunyai pengaruh positif terhadap Kepuasan Pengguna Layanan.
Dalam penelitian ini sampel yang diambil adalah 225 responden. Metode
yang dipilih untuk menganalisis data harus sesuai dengan pola penelitian dan
variabel yang akan diteliti. Pada penelitian ini The Structural Equation Modelling
(SEM) dari paket software statistik AMOS digunakan dalam pengembangan
model dan pengujian hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan Pengujian Hipotesis
1, H1 : Fasilitas Kamar Pelayanan Kesehatan mempunyai pengaruh positif
terhadap Kualitas Pelayanan. Pengujian Hipotesis 2, H2 : Administrasi Pelayanan
Kesehatan mempunyai pengaruh positif terhadap Kualitas Pelayanan. Pengujian
Hipotesis 3, H3 : SDM Petugas Medis mempunyai pengaruh positif terhadap
Kualitas Pelayanan. Pengujian Hipotesis 4, H4 : SDM Petugas Paramedis
mempunyai pengaruh positif terhadap Kualitas Pelayanan. Pengujian Hipotesis 5,
H5 : Kualitas Pelayanan mempunyai pengaruh positif terhadap Kepuasan
Pengguna Layanan.
Keywords : | Room Facilities, Administrative Services, Medical Officer, Paramedic Officer, Quality Service, Customer Satisfaction, Fasilitas Kamar, Administrasi Pelayanan, Petugas Medis, Petugas Paramedis, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pengguna Layanan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Eriana Ringgowati |
Date Deposited: | 23 Dec 2020 03:58 |
Last Modified: | 23 Dec 2020 03:58 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7874 |