ANALISIS KEPUASAN KERJA LINTAS BUDAYA MENGGUNAKAN JOB SATISFACTION SURVEY (JSS) DI PERUSAHAAN MULTINASIONAL

DESNASARI, Dita and PERDHANA, Mirwan Surya,(23 December 2020), ANALISIS KEPUASAN KERJA LINTAS BUDAYA MENGGUNAKAN JOB SATISFACTION SURVEY (JSS) DI PERUSAHAAN MULTINASIONAL. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (3MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (4MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perbedaan budaya antara pekerja dan pemberi kerja yang dapat menyebabkan berbagai permasalahan yang berpengaruh terhadap kepuasan kerja karyawan. Kepuasan kerja lintas budaya masih penting untuk diinvestigasi dan dilakukan penelitian dengan menggabungkan sikap antara persepsi pekerja host-country dengan pekerja home-country untuk memberikan informasi bagi organisasi dalam mengelola karyawan di perusahaan multinasional. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana kepuasan kerja pada karyawan Indonesia yang dipimpin oleh orang asing. Penelitian ini dilakukan pada PT ABC yang merupakan perusahaan multinasional yang berpusat di Jepang (home-country) dan Indonesia sebagai host-country-nya. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix method dengan desain analisis sekuensial eskplanatori. Jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 155 responden untuk kuesioner tertutup dan 5 responden untuk wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan program SPSS 22. Pada analisis kuantitatif menunjukkan hasil bahwa kepuasan kerja pada karyawan Indonesia yang dipimpin oleh orang asing memiliki 2 faktor, yaitu faktor yang menyebabkan kepuasan dan faktor yang menyebabkan ketidakpuasan. Adapun faktor yang menyebabkan kepuasan kerja karyawan yaitu komunikasi, upah, rekan kerja, dan pengawasan (supervisi), sedangkan faktor yang menyebabkan ketidakpuasan kerja karyawan yaitu kondisi kerja dan peluang promosi. Pada analisis kualitatif menunjukkan hasil yang mendukung analisis kuantitatif. Asal usul budaya pimpinan perusahaan berpengaruh terhadap budaya perusahaan yang selanjutnya berpengaruh juga terhadap kepuasan kerja karyawan. Kepuasan kerja pada perusahaan multinasional juga dipengaruhi oleh unsur budaya nasional Hofstede yaitu Power Distance, Individualisme-Kolektivisme, Maskulinitas-Feminitas, Penghindaran Ketidakpastian, Orientasi Jangka Panjang-Jangka Pendek, dan Indulgence-Restraint.
Keywords : Job satisfaction, Job Satisfaction Survey, National culture, Hofstede, Multinational companies, Kepuasan kerja, Job Satisfaction Survey, Budaya nasional, Hofstede, Perusahaan multinasional
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Dita Desnasari
Date Deposited: 14 Jan 2021 02:27
Last Modified: 14 Jan 2021 02:29
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7923

Actions (login required)

View Item
View Item