PENDEKATAN MODEL BISNIS PERUSAHAAN START-UP: STUDI PADA SOLE DISTRIBUTOR ALAT KESEHATAN PT. BOSSANOVA SEMARANG

PUTRI, Renata Dyah Arinta and KUSUMAWARDHANI, Amie,(23 December 2020), PENDEKATAN MODEL BISNIS PERUSAHAAN START-UP: STUDI PADA SOLE DISTRIBUTOR ALAT KESEHATAN PT. BOSSANOVA SEMARANG. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (110kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (118kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (119kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (221kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Model bisnis merupakan kerangka kerja yang mencakup aktivitas perusahaan serta arah pencapaian tujuan. Penelitian ini mengimplementasikan proses strategis untuk merumuskan model bisnis kemudian mengusulkan strategi bisnis. Subjek penelitian ini adalah perusahaan distribusi alat kesehatan baru bernama PT. Bossanova di Semarang. Alat-alat manajemen seperti analisis SWOT (Strength-Weakness-Opportunity-Threat), SFAS (Strategic Factor Analysis Summary), dan Porter’s Five Forces digunakan untuk mengevaluasi kondisi lingkungan perusahaan. Data primer diperoleh melalui wawancara dan Focus Group Discussion (FGD). Wawancara ditujukan pada personel di Manajemen Tingkat Atas, Pemasaran, Sumber Daya Manusia, Operasional, dan Keuangan. FGD terdiri atas 7 orang yang dipilih secara cermat untuk memenuhi kriteria. Penelitian ini menerapkan Action Research (AR) sebagai metode kualitatif. Teknik tersebut memungkinkan peneliti untuk menggali masalah secara mendalam. Hasil penelitian disajikan secara sistematis dalam bentuk teks naratif. Pengkodean verbatim dan lembar kerja FGD menghasilkan wawasan lengkap tentang lingkungan PT. Bossanova. Terakhir, Navigator Model Bisnis sebagai pendekatan model bisnis perusahaan dan Strategi Konsentrasi sebagai pendekatan strategi bisnis disajikan dalam ilustrasi yang mudah di pahami.
Keywords : Strategy formulation, SWOT analysis, SFAS, Porter’s Five Forces, Business Model Navigator, Concentrated Strategy, qualitative action research., formulasi strategi, analisis SWOT, SFAS, Porter’s Five Forces, Navigator Model Bisnis, Strategi Konsentrasi, penelitian kualitatif Action Research.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Renata Dyah
Date Deposited: 14 Jan 2021 03:34
Last Modified: 14 Jan 2021 03:34
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/7988

Actions (login required)

View Item
View Item