SURYAHANI, Irma and SUSILOWATI, Indah and NUGROHO, SBM,(10 December 2020), MODEL PENGEMBANGAN OBYEK WISATA DIENG BERBASIS EKOLOGI DAN HERITAGE DI KAB. BANJARNEGARA. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (4MB)
Download (4MB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (124kB)
Download (124kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (65kB)
Download (65kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (131kB)
Download (131kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (207kB)
Download (207kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan utama memformulasi model pengembangan wisata Dieng di
Kabupaten Banjarnegara. Berdasarkan runtutan tujuan pertama, kedua, dan ketiga, maka
menggunakan analisis MACTOR, dapat disusun model seperti pada tujuan utama.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah karakteristik pengunjung obyek wisata Dieng di
Kabupaten Banjarnegara yaitu pengunjung berjenis kelamin laki-laki dengan status
perkawinannya belum kawin, tingkat pendapatan pada kelompok 0-1 juta rupiah,
berpendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA), berasal dari luar Kabupaten Banjarnegara,
dan bermatapencaharian sebagai wiraswasta. Faktor-faktor yang berpengaruh secara
signifikan adalah usia, pendapatan, jarak, promosi, atraksi, dan biaya perjalanan (Dieng,
Seruling Mas, Baturaden). Willingness to Pay (WTP) masyarakat atau pengunjung ada pada
kisaran Rp16.295,94 sampai dengan Rp21.480,00. Rekomendasi dari penelitian ini adalah
pengunjung sebagai target obyek wisata memiliki peran yang penting untuk meningkatkan
kunjungan obyek wisata. Kondisi ini seharusnya menjadi dasar bagi pengeola obyek wisata
untuk memberikan fasilitas yang menunjang. Penelitian ini dapat menjadi masukan dalam
pengambilan kebijakan yang berkaitan dengan pengembangan obyek wisata. Model
pengembangan yang tepat diharapkan dapat menjadi masukan bagi para pengelola obyek
wisata dengan melibatkan seluruh stakeholder. Penelitian ini masuk dalam ranah bidang
ekonomi lingkungan terutama pada teori permintaan ekowisata. Model pengembangan
disusun dengan memperhatikan pengelolaan, sudut pandang pengelola, dan stakeholder,
sehingga dapat disusun strategi pengembangan obyek wisata.
Keywords : | Dieng plateau, willingness to pay, MACTOR, model, tourism, Dieng plateau, willingness to pay, MACTOR, model, pariwisata |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (PhD) |
Subjects: | Ekonomi Pembangunan |
Depositing User: | irma hani |
Date Deposited: | 29 Jan 2021 03:36 |
Last Modified: | 29 Jan 2021 04:09 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8056 |