FITRI, Medi Nugrahani and RAHARDJO, Susilo Toto,(23 September 2016), ANALISIS PENGARUH KOMITMEN, KOMUNIKASI DAN STRATEGI KERJASAMA JANGKA PANJANG PEMASOK DENGAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA RANTAI PASOKAN. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (25kB)
Download (25kB)
Text (Abstract Ing)
- Published Version
Download (19kB)
Download (19kB)
Text (Abstrak Ind)
- Published Version
Download (21kB)
Download (21kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (29kB)
Download (29kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (40kB)
Download (40kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Strategi perusahaan untuk memenuhi pasar yang selalu berubah sangat
diperlukan para pemasok yang merupakan kunci bagi manajemen rantai pasokan
yang efektif. Dalam perkembangannya konsep strategi pemasok memasuki babak
baru dalam perkembangan strategi perusahaan. Kinerja rantai pasokan yang baik
pada rantai pemasok perusahaan membuat perusahaan mampu menyajikan produk
yang dikehendaki atau sesuai dengan kemauan konsumen akhir, serta dapat
memasok barang ke pasar dengan cepat dan tepat waktu dengan harga jual yang
kompetitif, sehingga lebih unggul dari para pesaingnya.
Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis implementasi Strategi
Kerjasama Jangka Panjang yang diterapkan oleh PT. Charoen Pokphand Semarang,
apakah sudah sesuai dan mampu dalam meningkatkan Kinerja Rantai Pasokan.
Karena sebagai perusahaan pakan yang memiliki banyak pemasok, PT. Charoen
Pokphand Semarang mempunyai masalah dalam pemenuhan kontrak supply bahan
baku dan keterlambatan pasokan bahan baku.
Berdasarkan permasalahan tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah
menelusuri faktor-faktor yang berpengaruh terhadap strategi kerjasama jangka
panjang untuk meningkatkan kinerja rantai pasokan perusahaan. Dalam penelitian
ini dikembangkan suatu model teoritis dengan mengajukan 5 hipotesis yang akan
diuji dengan menggunakan Structural Equations Modeling (SEM) dengan
menggunakan software AMOS. Responden yang digunakan dalam penelitian ini
diambil dari para pemasok bahan baku PT. Charoen Pokphand Semarang yang
berjumlah 127 responden.
Hasil dari pengolahan data SEM untuk Full Model telah memenuhi kriteria
goodness of fit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi dan keberadaan dari
anteseden Strategi Kerjasama Jangka Panjang mempunyai peranan yang tinggi
dalam menentukan Kinerja Rantai Pasokan. Dari penelitian ini dihasilkan
kesimpulan bahwa berdasarkan analisis pengaruh dapat ditunjukkan bahwa
Komunikasi mempunyai pengaruh yang lebih tinggi terhadap Kinerja Rantai
Pasokan dibandingkan dengan Komitmen.
Keywords : | Keywords: Commitment, Communication, Long Term Cooperation Strategy, Supply Chain Performance., Kata Kunci : Komitmen, Komunikasi, Strategi Kerjasama Jangka Panjang, Kinerja Rantai Pasokan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 29 Jan 2021 07:59 |
Last Modified: | 29 Jan 2021 07:59 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8087 |