ANALISIS PENGARUH KOMITMEN, KOMUNIKASI DAN STRATEGI KERJASAMA JANGKA PANJANG PEMASOK DENGAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA RANTAI PASOKAN

FITRI, Medi Nugrahani and RAHARDJO, Susilo Toto,(23 September 2016), ANALISIS PENGARUH KOMITMEN, KOMUNIKASI DAN STRATEGI KERJASAMA JANGKA PANJANG PEMASOK DENGAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA RANTAI PASOKAN. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (25kB)
[thumbnail of Abstract Ing] Text (Abstract Ing) - Published Version
Download (19kB)
[thumbnail of Abstrak Ind] Text (Abstrak Ind) - Published Version
Download (21kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (29kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (40kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Strategi perusahaan untuk memenuhi pasar yang selalu berubah sangat diperlukan para pemasok yang merupakan kunci bagi manajemen rantai pasokan yang efektif. Dalam perkembangannya konsep strategi pemasok memasuki babak baru dalam perkembangan strategi perusahaan. Kinerja rantai pasokan yang baik pada rantai pemasok perusahaan membuat perusahaan mampu menyajikan produk yang dikehendaki atau sesuai dengan kemauan konsumen akhir, serta dapat memasok barang ke pasar dengan cepat dan tepat waktu dengan harga jual yang kompetitif, sehingga lebih unggul dari para pesaingnya. Penelitian ini ditujukan untuk menganalisis implementasi Strategi Kerjasama Jangka Panjang yang diterapkan oleh PT. Charoen Pokphand Semarang, apakah sudah sesuai dan mampu dalam meningkatkan Kinerja Rantai Pasokan. Karena sebagai perusahaan pakan yang memiliki banyak pemasok, PT. Charoen Pokphand Semarang mempunyai masalah dalam pemenuhan kontrak supply bahan baku dan keterlambatan pasokan bahan baku. Berdasarkan permasalahan tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah menelusuri faktor-faktor yang berpengaruh terhadap strategi kerjasama jangka panjang untuk meningkatkan kinerja rantai pasokan perusahaan. Dalam penelitian ini dikembangkan suatu model teoritis dengan mengajukan 5 hipotesis yang akan diuji dengan menggunakan Structural Equations Modeling (SEM) dengan menggunakan software AMOS. Responden yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari para pemasok bahan baku PT. Charoen Pokphand Semarang yang berjumlah 127 responden. Hasil dari pengolahan data SEM untuk Full Model telah memenuhi kriteria goodness of fit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi dan keberadaan dari anteseden Strategi Kerjasama Jangka Panjang mempunyai peranan yang tinggi dalam menentukan Kinerja Rantai Pasokan. Dari penelitian ini dihasilkan kesimpulan bahwa berdasarkan analisis pengaruh dapat ditunjukkan bahwa Komunikasi mempunyai pengaruh yang lebih tinggi terhadap Kinerja Rantai Pasokan dibandingkan dengan Komitmen.
Keywords : Keywords: Commitment, Communication, Long Term Cooperation Strategy, Supply Chain Performance., Kata Kunci : Komitmen, Komunikasi, Strategi Kerjasama Jangka Panjang, Kinerja Rantai Pasokan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Handri Herawati
Date Deposited: 29 Jan 2021 07:59
Last Modified: 29 Jan 2021 07:59
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8087

Actions (login required)

View Item
View Item