PENGARUH KEMAMPUAN TENAGA PENJUAL, SISTEM DISTRIBUSI DAN STRATEGI PROMOSI TERHADAP KINERJA LAUNCHING DALAM UPAYA MENCIPTAKAN BRAND AWARENESS PRODUK GUDANG GARAM SURYA 12 PREMIUM (Studi Kasus di Kota Semarang)

NURWAHYUDI, Bakti Mei and YOESTINI, Hj. Yoestini,(2010), PENGARUH KEMAMPUAN TENAGA PENJUAL, SISTEM DISTRIBUSI DAN STRATEGI PROMOSI TERHADAP KINERJA LAUNCHING DALAM UPAYA MENCIPTAKAN BRAND AWARENESS PRODUK GUDANG GARAM SURYA 12 PREMIUM (Studi Kasus di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (89kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (64kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (545kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (118kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (186kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Download (585kB)

Abstract

Keberhasilan suatu launching produk sangat dipengaruhi oleh faktor perusahaan, tenaga penjual, dan strategi promosi. Tenaga penjualan dipandang sebagai hal yang bermanfaat dan menguntungkan perusahaan, mengingat keberhasilan launching produk baru dapat berimplikasi pada penciptaan brand awareness di benak konsumen. Pada tahun 2009 PT Gudang Garam Tbk mengeluarkan produk baru yaitu Gudang Garam Surya 12 Premium. Fenomena di lapangan saat ini menunjukkan bahwa penjualan produk rokok Gudang garam Surya 12 Premium belum mengalami peningkatan yang diharapkan meskipun kegiatan launching produk tersebut sudah sering dilakukan namun masih banyak masyarakat yang belum mengenal produk baru tersebut sehingga masih belum mampu menciptakan Brand Awareness terhadap produk rokok Gudang Garam Surya 12 Premium. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh kemampuan tenaga penjual terhadap kinerja launching, (2) pengaruh sistem distribusi terhadap kinerja launching, (3) pengaruh strategi promosi terhadap kinerja launching, dan (4) pengaruh kinerja launching terhadap brand awareness. Populasi dalam penelitian ini adalah outlet produk Gudang Garam Premium di Kota Semarang dan sampel dalam penelitian ini adalah outlet-outlet produk Gudang Garam Premium di Kota Semarang sebanyak 100 outlet. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Metode analisis data menggunakan The Structural Equation Model (SEM) yang sebelumnya telah diuji kelayakannya menggunakan uji validitas dan reliabilitas terhadap konstruk item masing-masing pertanyaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) variabel kemampuan tenaga penjual tidak berpengaruh terhadap kinerja launching, (2) variabel sistem distribusi tidak berpengaruh terhadap kinerja launching, (3) variabel strategi promosi memiliki pengaruh positif terhadap kinerja launching, serta (4) variabel kinerja launching memiliki pengaruh positif terhadap Brand Awareness. Untuk meningkatkan kinerja launching, hal terpenting yang perlu dilakukan perusahaan adalah merencanakan strategi promosi yang efektif dan maksimal, karena strategi penjualan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja launching.
Keywords : salesperson capabilities, distribution systems, promotion strategy, launch performance, brand awareness, kemampuan tenaga penjual, sistem distribusi, strategi promosi, kinerja launching, brand awareness
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Eriana Ringgowati
Date Deposited: 23 Apr 2021 06:36
Last Modified: 23 Apr 2021 06:36
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8172

Actions (login required)

View Item
View Item