NURWAHYUDI, Bakti Mei and YOESTINI, Hj. Yoestini,(2010), PENGARUH KEMAMPUAN TENAGA PENJUAL, SISTEM DISTRIBUSI DAN STRATEGI PROMOSI TERHADAP KINERJA LAUNCHING DALAM UPAYA MENCIPTAKAN BRAND AWARENESS PRODUK GUDANG GARAM SURYA 12 PREMIUM (Studi Kasus di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (89kB)
Download (89kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (64kB)
Download (64kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (545kB)
Download (545kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (118kB)
Download (118kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (186kB)
Download (186kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Download (585kB)
Download (585kB)
Abstract
Keberhasilan suatu launching produk sangat dipengaruhi oleh faktor
perusahaan, tenaga penjual, dan strategi promosi. Tenaga penjualan dipandang
sebagai hal yang bermanfaat dan menguntungkan perusahaan, mengingat
keberhasilan launching produk baru dapat berimplikasi pada penciptaan brand
awareness di benak konsumen. Pada tahun 2009 PT Gudang Garam Tbk
mengeluarkan produk baru yaitu Gudang Garam Surya 12 Premium. Fenomena di
lapangan saat ini menunjukkan bahwa penjualan produk rokok Gudang garam
Surya 12 Premium belum mengalami peningkatan yang diharapkan meskipun
kegiatan launching produk tersebut sudah sering dilakukan namun masih banyak
masyarakat yang belum mengenal produk baru tersebut sehingga masih belum
mampu menciptakan Brand Awareness terhadap produk rokok Gudang Garam
Surya 12 Premium. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh
kemampuan tenaga penjual terhadap kinerja launching, (2) pengaruh sistem
distribusi terhadap kinerja launching, (3) pengaruh strategi promosi terhadap
kinerja launching, dan (4) pengaruh kinerja launching terhadap brand awareness.
Populasi dalam penelitian ini adalah outlet produk Gudang Garam
Premium di Kota Semarang dan sampel dalam penelitian ini adalah outlet-outlet
produk Gudang Garam Premium di Kota Semarang sebanyak 100 outlet. Metode
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Metode analisis
data menggunakan The Structural Equation Model (SEM) yang sebelumnya telah
diuji kelayakannya menggunakan uji validitas dan reliabilitas terhadap konstruk
item masing-masing pertanyaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) variabel kemampuan tenaga
penjual tidak berpengaruh terhadap kinerja launching, (2) variabel sistem
distribusi tidak berpengaruh terhadap kinerja launching, (3) variabel strategi
promosi memiliki pengaruh positif terhadap kinerja launching, serta (4) variabel
kinerja launching memiliki pengaruh positif terhadap Brand Awareness. Untuk
meningkatkan kinerja launching, hal terpenting yang perlu dilakukan perusahaan
adalah merencanakan strategi promosi yang efektif dan maksimal, karena strategi
penjualan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja
launching.
Keywords : | salesperson capabilities, distribution systems, promotion strategy, launch performance, brand awareness, kemampuan tenaga penjual, sistem distribusi, strategi promosi, kinerja launching, brand awareness |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Eriana Ringgowati |
Date Deposited: | 23 Apr 2021 06:36 |
Last Modified: | 23 Apr 2021 06:36 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8172 |