ANALISIS PENGARUH KEUNGGULAN PRODUK DAN CITRA PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi pada StarOne di Kota Semarang)

DEWI, Kania Krisna and FERDINAND, Augusty Tae,(13 January 2011), ANALISIS PENGARUH KEUNGGULAN PRODUK DAN CITRA PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi pada StarOne di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (120kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (135kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (99kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (103kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (103kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh keunggulan produk dan citra produk terhadap loyalitas pelanggan. Penggunaan variabel-variabel tersebut dapat memecahkan permasalahan yang terjadi pada StarOne. Sampel penelitian ini adalah pelanggan StarOne, sejumlah 100 orang. Analisis Regressi yang dijalankan dengan perangkat lunak SPSS, digunakan untuk menganalisis data. Hasil analisis menunjukkan bahwa keunggulan produk dan citra peroduk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Temuan empiris tersebut mengindikasikan bahwa untuk meningkatkan loyalitas pelanggan StarOne, manajemen perusahaan perlu memperhatikan faktor�faktor seperti keunggulan produk dan citra produk, karena faktor-faktor tersebut terbukti mempengaruhi tinggi rendahnya loyalitas pelanggan. Dari hasil perhitungan variabel mutu produk diperoleh koefisien sebesar 0,102 yang berarti bahwa keunggulan produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Maka, semakin baik keunggulan produk yang yang diberikan pihak SMT akan memperkuat loyalitas pelanggan dari pelanggan StarOne, bila konsumen merasa akan mendapatkan kepuasan dari suatu produk (karena keunggulannya tinggi atau berkualitas baik dan tidak mudah rusak) maka konsumen tersebut akan tertarik untuk terus menggunakan produk tersebut. Sedangkan pengujian variabel citra produk memiliki nilai koefisien sebesar 0,362 yang berarti bahwa citra produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Maka, semakin baik citra produk yang diberikan pihak SMT terhadap kebutuhan pelanggannya maka loyalitas produk terhadap produk yang diberikan oleh PT. SMT akan semakin besar.
Keywords : product advantage, product image, and customer loyalty, keunggulan produk, citra produk, dan loyalitas pelanggan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Eriana Ringgowati
Date Deposited: 27 Apr 2021 04:27
Last Modified: 27 Apr 2021 04:27
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8231

Actions (login required)

View Item
View Item