DEWI, Kania Krisna and FERDINAND, Augusty Tae,(13 January 2011), ANALISIS PENGARUH KEUNGGULAN PRODUK DAN CITRA PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (Studi pada StarOne di Kota Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (120kB)
Download (120kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (135kB)
Download (135kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (99kB)
Download (99kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (103kB)
Download (103kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (103kB)
Download (103kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh keunggulan produk dan
citra produk terhadap loyalitas pelanggan. Penggunaan variabel-variabel tersebut
dapat memecahkan permasalahan yang terjadi pada StarOne.
Sampel penelitian ini adalah pelanggan StarOne, sejumlah 100 orang.
Analisis Regressi yang dijalankan dengan perangkat lunak SPSS, digunakan untuk
menganalisis data. Hasil analisis menunjukkan bahwa keunggulan produk dan citra
peroduk berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
Temuan empiris tersebut mengindikasikan bahwa untuk meningkatkan
loyalitas pelanggan StarOne, manajemen perusahaan perlu memperhatikan faktor�faktor seperti keunggulan produk dan citra produk, karena faktor-faktor tersebut
terbukti mempengaruhi tinggi rendahnya loyalitas pelanggan. Dari hasil perhitungan
variabel mutu produk diperoleh koefisien sebesar 0,102 yang berarti bahwa
keunggulan produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan.
Maka, semakin baik keunggulan produk yang yang diberikan pihak SMT akan
memperkuat loyalitas pelanggan dari pelanggan StarOne, bila konsumen merasa akan
mendapatkan kepuasan dari suatu produk (karena keunggulannya tinggi atau
berkualitas baik dan tidak mudah rusak) maka konsumen tersebut akan tertarik untuk
terus menggunakan produk tersebut. Sedangkan pengujian variabel citra produk
memiliki nilai koefisien sebesar 0,362 yang berarti bahwa citra produk memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Maka, semakin baik citra
produk yang diberikan pihak SMT terhadap kebutuhan pelanggannya maka loyalitas
produk terhadap produk yang diberikan oleh PT. SMT akan semakin besar.
Keywords : | product advantage, product image, and customer loyalty, keunggulan produk, citra produk, dan loyalitas pelanggan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Eriana Ringgowati |
Date Deposited: | 27 Apr 2021 04:27 |
Last Modified: | 27 Apr 2021 04:27 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8231 |