ANALISIS ANTESEDEN KUALITAS STRATEGI BISNIS DAN IMPLIKASINYA UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING (Studi pada Perusahaan Agen LPG di Kota Semarang dan sekitarnya)

HAMIM, Martania and MANGUNWIHARDJO, Suyudi,(9 August 2011), ANALISIS ANTESEDEN KUALITAS STRATEGI BISNIS DAN IMPLIKASINYA UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING (Studi pada Perusahaan Agen LPG di Kota Semarang dan sekitarnya). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (453kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (440kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (441kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (448kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (480kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Bahan bakar LPG saat sekarang ini merupakan kebutuhan yang vital bagi masyarakat Indonesia, dimana kebutuhannya semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk yang juga semakin meningkat. Tetapi besarnya pasar ini tidak diimbangi dengan kemampuan para Agen LPG untuk dapat mempertahankan usahanya. Untuk itulah dibutuhkan keunggulan bersaing bagi para Agen LPG ini, tidak saja unggul bersaing diantara Agen LPG itu sendiri tapi juga unggul bersaing dalam mengembangkan usahanya. Menciptakan keunggulan bersaing sangat penting bagi perusahaan yang memasuki pasar kompetitif. Langkah yang dapat diambil dalam menciptakan keunggulan bersaing adalah apabila perusahaan tersebut mempunyai kualitas strategi bisnis yang baik. Kualitas strategi bisnis yang baik dapat terwujud dalam suatu perusahaan apabila didukung oleh orientasi stratejik, orientasi kepemimpinan, dan adaptabilitas lingkungan. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan sesuai dengan jumlah populasinya yaitu 102 responden. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan koesioner yang dibagikan pada seluruh Agen LPG di kota Semarang dan sekitarnya. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM). Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa ketiga variable tersebut yaitu orientasi stratejik, orientasi kepemimpinan, dan adaptabilitas lingkungan berpengaruh terhadap kualitas strategi bisnis dalam meningkatkan keunggulan bersaing. Variabel yang berpengaruh paling besar adalah orientasi kepemimpinan. Hal ini disebabkan seorang pemimpin mempunyai peranan yang sangat penting. Pemimpin merupakan pengambil keputusan dan penentu kebijakan perusahaan, dimana pada akhirnya seluruh manajemen dalam perusahaan tersebut dapat berusaha meningkatan kualitas strategi bisnis yang dimiliki, sehingga dapat meningkatkan keunggulan perusahaan tersebut dibanding perusahaan lain.
Keywords : LPG Agencies, competitive advantage, quality of business strategy, leadership orientation, environmental adaptability, strategic orientation., Agen LPG, keunggulan bersaing, kualitas strategi bisnis, orientasi kepemimpinan, adaptabilitas lingkungan, orientasi stratejik.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Eriana Ringgowati
Date Deposited: 28 Apr 2021 01:35
Last Modified: 28 Apr 2021 01:35
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8259

Actions (login required)

View Item
View Item