HAMIM, Martania and MANGUNWIHARDJO, Suyudi,(9 August 2011), ANALISIS ANTESEDEN KUALITAS STRATEGI BISNIS DAN IMPLIKASINYA UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING (Studi pada Perusahaan Agen LPG di Kota Semarang dan sekitarnya). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (453kB)
Download (453kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (440kB)
Download (440kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (441kB)
Download (441kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (448kB)
Download (448kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (480kB)
Download (480kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Bahan bakar LPG saat sekarang ini merupakan kebutuhan yang vital bagi
masyarakat Indonesia, dimana kebutuhannya semakin meningkat seiring dengan
pertumbuhan penduduk yang juga semakin meningkat. Tetapi besarnya pasar ini
tidak diimbangi dengan kemampuan para Agen LPG untuk dapat
mempertahankan usahanya. Untuk itulah dibutuhkan keunggulan bersaing bagi
para Agen LPG ini, tidak saja unggul bersaing diantara Agen LPG itu sendiri tapi
juga unggul bersaing dalam mengembangkan usahanya.
Menciptakan keunggulan bersaing sangat penting bagi perusahaan yang
memasuki pasar kompetitif. Langkah yang dapat diambil dalam menciptakan
keunggulan bersaing adalah apabila perusahaan tersebut mempunyai kualitas
strategi bisnis yang baik. Kualitas strategi bisnis yang baik dapat terwujud dalam
suatu perusahaan apabila didukung oleh orientasi stratejik, orientasi
kepemimpinan, dan adaptabilitas lingkungan.
Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan sesuai dengan jumlah
populasinya yaitu 102 responden. Pengambilan data dilakukan dengan
menggunakan koesioner yang dibagikan pada seluruh Agen LPG di kota
Semarang dan sekitarnya. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah
Structural Equation Model (SEM).
Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa ketiga variable
tersebut yaitu orientasi stratejik, orientasi kepemimpinan, dan adaptabilitas
lingkungan berpengaruh terhadap kualitas strategi bisnis dalam meningkatkan
keunggulan bersaing. Variabel yang berpengaruh paling besar adalah orientasi
kepemimpinan. Hal ini disebabkan seorang pemimpin mempunyai peranan yang
sangat penting. Pemimpin merupakan pengambil keputusan dan penentu
kebijakan perusahaan, dimana pada akhirnya seluruh manajemen dalam
perusahaan tersebut dapat berusaha meningkatan kualitas strategi bisnis yang
dimiliki, sehingga dapat meningkatkan keunggulan perusahaan tersebut
dibanding perusahaan lain.
Keywords : | LPG Agencies, competitive advantage, quality of business strategy, leadership orientation, environmental adaptability, strategic orientation., Agen LPG, keunggulan bersaing, kualitas strategi bisnis, orientasi kepemimpinan, adaptabilitas lingkungan, orientasi stratejik. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Eriana Ringgowati |
Date Deposited: | 28 Apr 2021 01:35 |
Last Modified: | 28 Apr 2021 01:35 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8259 |