PARANGIN A, Abeednego and RAHAYU, Nieken,(13 April 2007), STRATEGI MEMBANGUN KEUNGGULAN BERSAING YANG BERKELANJUTAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA USAHA KECIL DAN MENENGAH ( UKM ) ( Studi pada industri furniture & handycraft di Daerah Istimewa Jogjakarta ). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (1MB)
Download (1MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Krisis ekonomi Indonesia di akhir tahun 1997 memaksa Usaha Kecil dan
Menengah (UKM) untuk membenahi faktor-faktor yang menyulitkan mereka
untuk bersaing secara global, seperti tidak memiliki kapabilitas, kekuatan pasar
dan sumberdaya-sumberdaya seperti yang dimiliki perusahaaan multinasional. Hal
ini dilakukan karena selain UKM memiliki proses produksi yang cenderung padat
karya sehingga mampu memperluas kesempatan kerja, UKM juga menjadi
penahan runtuhnya kemampuan ekonomi Indonesia. Karena itu perlu dicari
variabel-variabel apa sajakah yang akan mendukung Keberhasilan UKM dalam
menghadapi era globalisasi ini.
Penelitian berfokus pada industri UKM yang bergerak di industri furniture
& handycraft. Wilayah penelitian adalah Propinsi Daerah Istimewa Jogjakarta.
Bagaimana pengaruh variabel-variabel pendukung Keunggulan Bersaing
Berkelanjutan guna meningkatkan Kinerja Perusahaan. Bagaimana pengaruh
Orientasi Kewirausahaan yang dimiliki pemilik industri furniture & handycraft
guna meningkatkan Kinerja Perusahaannya. Nantinya dapat dilihat seberapa besar
pengaruh dari semua variabel tersebut terhadap peningkatan Kinerja Perusahaan.
Adapun responden yang dijadikan sampel adalah yang memiliki kriteria
sebagai berikut : para owner/pemilik, dapat juga pihak eksekutif atau yang diberi
tanggung jawab mengelola industri furniture & handycraft minimal 1 tahun,
mengetahui dan menguasai setiap produk dan memiliki karyawan sejumlah 20-99
orang.
Data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara yang diberikan
kepada 136 responden.
Hasil komputasi menunjukkan bahwa model full SEM dengan
menggunakan software AMOS 6.0 sudah memenuhi syarat kelayakan model,
yaitu nilai chi square sebesar 331.104 dengan probability sebesar 0,053. Pegujian
goodness of fit lainnya menunjukkan dalam kategori baik kecuali GFI dan AGFI
yang diterima secara marginal. Hasil pengujian reliability menunjukkan ukuran
yang reliabel karena masing-masing variabel memiliki reliability yang lebih besar
dari 0,7.
Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara
Orientasi Kewirausahaan dan Keunggulan Bersaing Berkelanjutan guna
meningkatkan Kinerja Perusahaan UKM khususnya industri furniture &
handycraft.
Keywords : | Orientation Knowledge, Strategy differentiation, Market Orientation, Innovation, Sustainable Competitive Advantage, Entepreneurial Orientation, Firms Performance, Orientasi Pengetahuan, Strategi Diferensiasi, Orientasi Pasar, Inovasi, Keunggulan Bersaing Brkelanjutan, Orientasi Kewirausahaan dan Kinerja Perusahaan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 28 Apr 2021 06:56 |
Last Modified: | 28 Apr 2021 06:56 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8278 |