STRATEGI MEMBANGUN KEUNGGULAN BERSAING YANG BERKELANJUTAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA USAHA KECIL DAN MENENGAH ( UKM ) ( Studi pada industri furniture & handycraft di Daerah Istimewa Jogjakarta )

PARANGIN A, Abeednego and RAHAYU, Nieken,(13 April 2007), STRATEGI MEMBANGUN KEUNGGULAN BERSAING YANG BERKELANJUTAN UNTUK MENINGKATKAN KINERJA USAHA KECIL DAN MENENGAH ( UKM ) ( Studi pada industri furniture & handycraft di Daerah Istimewa Jogjakarta ). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (1MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Krisis ekonomi Indonesia di akhir tahun 1997 memaksa Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk membenahi faktor-faktor yang menyulitkan mereka untuk bersaing secara global, seperti tidak memiliki kapabilitas, kekuatan pasar dan sumberdaya-sumberdaya seperti yang dimiliki perusahaaan multinasional. Hal ini dilakukan karena selain UKM memiliki proses produksi yang cenderung padat karya sehingga mampu memperluas kesempatan kerja, UKM juga menjadi penahan runtuhnya kemampuan ekonomi Indonesia. Karena itu perlu dicari variabel-variabel apa sajakah yang akan mendukung Keberhasilan UKM dalam menghadapi era globalisasi ini. Penelitian berfokus pada industri UKM yang bergerak di industri furniture & handycraft. Wilayah penelitian adalah Propinsi Daerah Istimewa Jogjakarta. Bagaimana pengaruh variabel-variabel pendukung Keunggulan Bersaing Berkelanjutan guna meningkatkan Kinerja Perusahaan. Bagaimana pengaruh Orientasi Kewirausahaan yang dimiliki pemilik industri furniture & handycraft guna meningkatkan Kinerja Perusahaannya. Nantinya dapat dilihat seberapa besar pengaruh dari semua variabel tersebut terhadap peningkatan Kinerja Perusahaan. Adapun responden yang dijadikan sampel adalah yang memiliki kriteria sebagai berikut : para owner/pemilik, dapat juga pihak eksekutif atau yang diberi tanggung jawab mengelola industri furniture & handycraft minimal 1 tahun, mengetahui dan menguasai setiap produk dan memiliki karyawan sejumlah 20-99 orang. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara yang diberikan kepada 136 responden. Hasil komputasi menunjukkan bahwa model full SEM dengan menggunakan software AMOS 6.0 sudah memenuhi syarat kelayakan model, yaitu nilai chi square sebesar 331.104 dengan probability sebesar 0,053. Pegujian goodness of fit lainnya menunjukkan dalam kategori baik kecuali GFI dan AGFI yang diterima secara marginal. Hasil pengujian reliability menunjukkan ukuran yang reliabel karena masing-masing variabel memiliki reliability yang lebih besar dari 0,7. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara Orientasi Kewirausahaan dan Keunggulan Bersaing Berkelanjutan guna meningkatkan Kinerja Perusahaan UKM khususnya industri furniture & handycraft.
Keywords : Orientation Knowledge, Strategy differentiation, Market Orientation, Innovation, Sustainable Competitive Advantage, Entepreneurial Orientation, Firms Performance, Orientasi Pengetahuan, Strategi Diferensiasi, Orientasi Pasar, Inovasi, Keunggulan Bersaing Brkelanjutan, Orientasi Kewirausahaan dan Kinerja Perusahaan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mohamad Sulamul Hadi
Date Deposited: 28 Apr 2021 06:56
Last Modified: 28 Apr 2021 06:56
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8278

Actions (login required)

View Item
View Item