ANALISIS KUALITAS PROGRAM PKBL, KOMPETENSI TENAGA PELAKSANA PKBL DAN TRUST DALAM MEMBANGUN LOYALITAS MITRA BINAAN (Studi Kasus Pada Mitra Binaan Program PKBL BNI Cabang Pekalongan)

NOVANSAH, Bahtiar Surya and SUGIYANTO, Fransiscus Xaverius,(24 August 2015), ANALISIS KUALITAS PROGRAM PKBL, KOMPETENSI TENAGA PELAKSANA PKBL DAN TRUST DALAM MEMBANGUN LOYALITAS MITRA BINAAN (Studi Kasus Pada Mitra Binaan Program PKBL BNI Cabang Pekalongan). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (2MB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Dengan adanya deregulasi perbankan 27 Oktober 1988 mengenai penghapusan barrier to entry di Indonesia, globalisasi berdampak sernakin banyaknya perbankan yang tumbuh di Indonesia, hal ini menciptakan persaingan diantara perbankan semakin ketat. Undang Undang (UU) No. 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (PT) yang memuat tentang ketentuan yang mewajibkan perusahaan untuk menyisihkan sebagian labanya untuk program CSR (Corporate Social Responsibility) terutama perusahaan yang usahanya di bidang pengelolaan sumberdaya alam. PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk adalah perusahaan yang telah menjalankan kegiatan CSR melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan. Berdasarkan data penyaluran dana PKBL dalam situs PKBL BUMN (7 Februari 2011), PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk juga merupakan salah satu perusahaan yang termasuk dalam lima perusahaan penyalur dana PKBL terbesar pada periode tahun 2011-2012. Penelitian ini akan membahas tentang meningkatkan loyalitas mitrabinaan PKBL melalui efektifitas pelaksanaan program PKBL, kompetensi tenaga pelaksana PKBL, Trust dan kepuasan mitrabinaan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah metode purposive sampling. Responden yang digunakan sebanyak 126 responden yaitu populasi mitrabinaan yang telah mendapat fasilitas program PKBL BNI Cabang Pekalongan. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM) dari software AMOS 21. Hasil dari analisis SEM untuk model penuh telah memenuhi kriteria Goodness of Fit – Full Model yaitu chi square sebesar 171,961; probabilitas sebesar 0,300; CMIN/DF sebesar 1,055; GFI sebesar 0,873; TLI sebesar 0,990; CFI sebesar 0,991; RMSEA sebesar 0,022; Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model ini layak untuk digunakan. Hasil uji terhadap keempat hipotesis membuktikan bahwa seluruhnya diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa ada dua faktor yang mempengaruhi kepuasan secara signifikan yaitu efektifitas pelaksanaan program PKBL dan kompetensi tenaga pelaksana PKBL. Trust juga berpengaruh signifikan terhadap loyalitas mitrabinaan.
Keywords : Effectiveness Partnership program, Competence implementers Partnership, Trust, Satisfaction, Loyalty Mitrabinaan., Efektifitas program PKBL, Kompetensi tenaga pelaksana PKBL, Trust, Kepuasan, Loyalitas Mitrabinaan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mohamad Sulamul Hadi
Date Deposited: 29 Apr 2021 07:40
Last Modified: 29 Apr 2021 07:40
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8308

Actions (login required)

View Item
View Item