NOVANSAH, Bahtiar Surya and SUGIYANTO, Fransiscus Xaverius,(24 August 2015), ANALISIS KUALITAS PROGRAM PKBL, KOMPETENSI TENAGA PELAKSANA PKBL DAN TRUST DALAM MEMBANGUN LOYALITAS MITRA BINAAN (Studi Kasus Pada Mitra Binaan Program PKBL BNI Cabang Pekalongan). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (2MB)
Download (2MB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (5MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (5MB) | Request a copy
Abstract
Dengan adanya deregulasi perbankan 27 Oktober 1988 mengenai penghapusan
barrier to entry di Indonesia, globalisasi berdampak sernakin banyaknya perbankan yang
tumbuh di Indonesia, hal ini menciptakan persaingan diantara perbankan semakin ketat.
Undang Undang (UU) No. 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (PT) yang memuat
tentang ketentuan yang mewajibkan perusahaan untuk menyisihkan sebagian labanya
untuk program CSR (Corporate Social Responsibility) terutama perusahaan yang
usahanya di bidang pengelolaan sumberdaya alam. PT. Bank Negara Indonesia (Persero)
Tbk adalah perusahaan yang telah menjalankan kegiatan CSR melalui Program Kemitraan
dan Bina Lingkungan. Berdasarkan data penyaluran dana PKBL dalam situs PKBL
BUMN (7 Februari 2011), PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk juga merupakan
salah satu perusahaan yang termasuk dalam lima perusahaan penyalur dana PKBL
terbesar pada periode tahun 2011-2012.
Penelitian ini akan membahas tentang meningkatkan loyalitas mitrabinaan PKBL
melalui efektifitas pelaksanaan program PKBL, kompetensi tenaga pelaksana PKBL,
Trust dan kepuasan mitrabinaan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah
metode purposive sampling. Responden yang digunakan sebanyak 126 responden yaitu
populasi mitrabinaan yang telah mendapat fasilitas program PKBL BNI Cabang
Pekalongan.
Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM)
dari software AMOS 21. Hasil dari analisis SEM untuk model penuh telah memenuhi
kriteria Goodness of Fit – Full Model yaitu chi square sebesar 171,961; probabilitas
sebesar 0,300; CMIN/DF sebesar 1,055; GFI sebesar 0,873; TLI sebesar 0,990; CFI
sebesar 0,991; RMSEA sebesar 0,022; Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model ini
layak untuk digunakan.
Hasil uji terhadap keempat hipotesis membuktikan bahwa seluruhnya diterima.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa ada dua faktor yang
mempengaruhi kepuasan secara signifikan yaitu efektifitas pelaksanaan program PKBL
dan kompetensi tenaga pelaksana PKBL. Trust juga berpengaruh signifikan terhadap
loyalitas mitrabinaan.
Keywords : | Effectiveness Partnership program, Competence implementers Partnership, Trust, Satisfaction, Loyalty Mitrabinaan., Efektifitas program PKBL, Kompetensi tenaga pelaksana PKBL, Trust, Kepuasan, Loyalitas Mitrabinaan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 29 Apr 2021 07:40 |
Last Modified: | 29 Apr 2021 07:40 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8308 |