KURNIANTO, Muhdi and KUSUMAWARDHANI, Amie and RAHARDJA, Edy,(2018), ANALISIS PENGARUH STRATEGI INOVASI, ADOPSI TEKNOLOGI INFORMASI DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA BISNIS (Pada Hotel Berbintang di Jawa Tengah). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (22kB)
Download (22kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (76kB)
Download (76kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (18kB)
Download (18kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (576kB)
Download (576kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (393kB)
Download (393kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Dengan semakin diberlakukanya liberalisasi perdagangan dunia, mendorong
pemerintah Indonesia untuk lebih terbuka atas masuknya produk-produk dari negara lain
khususnya produk elektronik. Produk polytron merupakan salah satu produk elektronik
lokal yang mampu bertahan ditengah banyaknya produk impor. Perlunya untuk mengetahui
karakteristik etnosentris konsumen Indonesia guna memperkuat strategi dan meningkatkan
penggunaan produk lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah etnosentrisme
konsumen, persepsi harga dan kemenarikan atribut berpengaruh kepada sikap produk
sehingga berdampak pada keputusan pembelian produk elektronik Polytron.
Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 135 orang manajer dan
pemilik Hotel berbintang di Jawa tengah. Kuesioner didistribusikan pada bulan Januari
2018 hingga Februari 2018. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan analisis
Structural Equation Modeling (SEM) dengan aplikasi Amos 22.0.
Hasil penelitian menjunjukkan bahwa ketiga variabel independen berpengaruh
positif dan signifikan terhadap variabel Keunggulan Bersaing . Variabel kemenarikan
atribut berpengaruh paling besar terhadap variabel sikap produk dan pengaruh tidak
langsung terhadap keputusan pembelian. Sama seperti penelitian sebelumnya, sikap produk
memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian dan
berperan sebagai variabel intervening.
Keywords : | Consumer Ethnocentrism, Perceived Price, the attractiveness of Atribut, Product Attitude, Purchase Decision, Etnosentrisme Konsumen, Persepsi Harga, Kemenarikan Atribut, Sikap Produk dan Keputusan Pembelian. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Yuwono Yuwono |
Date Deposited: | 03 May 2021 08:22 |
Last Modified: | 03 May 2021 08:22 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8358 |