ANALISIS PENGARUH STRATEGI INOVASI, ADOPSI TEKNOLOGI INFORMASI DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA BISNIS (Pada Hotel Berbintang di Jawa Tengah)

KURNIANTO, Muhdi and KUSUMAWARDHANI, Amie and RAHARDJA, Edy,(2018), ANALISIS PENGARUH STRATEGI INOVASI, ADOPSI TEKNOLOGI INFORMASI DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KEUNGGULAN BERSAING UNTUK MENINGKATKAN KINERJA BISNIS (Pada Hotel Berbintang di Jawa Tengah). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (22kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (76kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (18kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (576kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (393kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dengan semakin diberlakukanya liberalisasi perdagangan dunia, mendorong pemerintah Indonesia untuk lebih terbuka atas masuknya produk-produk dari negara lain khususnya produk elektronik. Produk polytron merupakan salah satu produk elektronik lokal yang mampu bertahan ditengah banyaknya produk impor. Perlunya untuk mengetahui karakteristik etnosentris konsumen Indonesia guna memperkuat strategi dan meningkatkan penggunaan produk lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah etnosentrisme konsumen, persepsi harga dan kemenarikan atribut berpengaruh kepada sikap produk sehingga berdampak pada keputusan pembelian produk elektronik Polytron. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 135 orang manajer dan pemilik Hotel berbintang di Jawa tengah. Kuesioner didistribusikan pada bulan Januari 2018 hingga Februari 2018. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan aplikasi Amos 22.0. Hasil penelitian menjunjukkan bahwa ketiga variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Keunggulan Bersaing . Variabel kemenarikan atribut berpengaruh paling besar terhadap variabel sikap produk dan pengaruh tidak langsung terhadap keputusan pembelian. Sama seperti penelitian sebelumnya, sikap produk memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian dan berperan sebagai variabel intervening.
Keywords : Consumer Ethnocentrism, Perceived Price, the attractiveness of Atribut, Product Attitude, Purchase Decision, Etnosentrisme Konsumen, Persepsi Harga, Kemenarikan Atribut, Sikap Produk dan Keputusan Pembelian.
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Yuwono Yuwono
Date Deposited: 03 May 2021 08:22
Last Modified: 03 May 2021 08:22
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8358

Actions (login required)

View Item
View Item