PENDEKATAN MODEL BISNIS INOVASI DAN DESAIN DALAM PENGEMBANGAN STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING BERKELANJUTAN: Studi Kasus Pada Klinik Gigi Nadira (PT. Nadira Radifa Mandiri) Semarang”

FITRIA, Rafida Nur and RAHARJO, Susilo Toto,(23 January 2021), PENDEKATAN MODEL BISNIS INOVASI DAN DESAIN DALAM PENGEMBANGAN STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING BERKELANJUTAN: Studi Kasus Pada Klinik Gigi Nadira (PT. Nadira Radifa Mandiri) Semarang”. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (138kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (95kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (6kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (14kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (133kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan upaya perusahaan dalam mengembangkan dan menghubungkan model bisnis lama dan baru dengan melakukan inovasi model bisnis canvas yang efektif bagi perusahaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian di PT. Nadira Radifa Mandiri (Klinik Gigi Nadira). Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dengan berbagai informan dan observasi. Setelah semua data terkumpul dan diolah, selanjutnya dilakukan analisis data. Teknik analisis yang digunakan adalah pendekatan Inovasi Model Bisnis dengan Model Bisnis Canvas. Pengumpulan data melalui wawancara dan observasi untuk menjawab beberapa pertanyaan yang bertujuan untuk mengubah model bisnis lama menjadi model bisnis baru yang berkelanjutan untuk bisnis Klinik Gigi Nadira. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model strategi bisnis Klinik Gigi Nadira memiliki proposisi nilai dengan jumlah cabang klinik terbanyak di kota Semarang, jenis pelayanan lengkap dari kasus umum hingga spesialisasi dan mengutamakan pelayanan prima. Hasil analisis Inovasi Model Bisnis dengan pendekatan Business Model Canvas menghasilkan alternatif model bisnis baru dengan memanfaatkan strategi, inovasi dan teknologi untuk memanfaatkan peluang yang ada. Inovasi model bisnis perusahaan menghasilkan strategi yang berorientasi pada kualitas layanan, kompetensi sumber daya manusia. , dan mendukung pencapaian jangka panjang perusahaan dengan cara yang lebih terukur. Hasil penelitian ini juga menjelaskan bahwa perusahaan telah melakukan berbagai inovasi dengan mengukur potensi yang ada di dalam perusahaan dengan tetap fokus dan mengupayakan terciptanya nilai tambah yang tidak dimiliki pesaing.
Keywords : Business Model Innovation, Business Model Canvas, Innovation, Competitive Advantage, Inovasi Model Bisnis, Business Model Canvas, Inovasi, Keunggulan Kompetitif
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Rafida Fitria
Date Deposited: 10 May 2021 06:53
Last Modified: 10 May 2021 06:53
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8466

Actions (login required)

View Item
View Item