FITRIA, Rafida Nur and RAHARJO, Susilo Toto,(23 January 2021), PENDEKATAN MODEL BISNIS INOVASI DAN DESAIN DALAM PENGEMBANGAN STRATEGI KEUNGGULAN BERSAING BERKELANJUTAN: Studi Kasus Pada Klinik Gigi Nadira (PT. Nadira Radifa Mandiri) Semarang”. , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (138kB)
Download (138kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (95kB)
Download (95kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (6kB)
Download (6kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (14kB)
Download (14kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (133kB)
Download (133kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan upaya perusahaan dalam
mengembangkan dan menghubungkan model bisnis lama dan baru dengan melakukan
inovasi model bisnis canvas yang efektif bagi perusahaan. Penelitian ini merupakan jenis
penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian di PT. Nadira Radifa
Mandiri (Klinik Gigi Nadira). Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam
dengan berbagai informan dan observasi. Setelah semua data terkumpul dan diolah,
selanjutnya dilakukan analisis data. Teknik analisis yang digunakan adalah pendekatan
Inovasi Model Bisnis dengan Model Bisnis Canvas. Pengumpulan data melalui wawancara
dan observasi untuk menjawab beberapa pertanyaan yang bertujuan untuk mengubah
model bisnis lama menjadi model bisnis baru yang berkelanjutan untuk bisnis Klinik Gigi
Nadira.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model strategi bisnis Klinik Gigi Nadira
memiliki proposisi nilai dengan jumlah cabang klinik terbanyak di kota Semarang, jenis
pelayanan lengkap dari kasus umum hingga spesialisasi dan mengutamakan pelayanan
prima. Hasil analisis Inovasi Model Bisnis dengan pendekatan Business Model Canvas
menghasilkan alternatif model bisnis baru dengan memanfaatkan strategi, inovasi dan
teknologi untuk memanfaatkan peluang yang ada. Inovasi model bisnis perusahaan
menghasilkan strategi yang berorientasi pada kualitas layanan, kompetensi sumber daya
manusia. , dan mendukung pencapaian jangka panjang perusahaan dengan cara yang lebih
terukur. Hasil penelitian ini juga menjelaskan bahwa perusahaan telah melakukan berbagai
inovasi dengan mengukur potensi yang ada di dalam perusahaan dengan tetap fokus dan
mengupayakan terciptanya nilai tambah yang tidak dimiliki pesaing.
Keywords : | Business Model Innovation, Business Model Canvas, Innovation, Competitive Advantage, Inovasi Model Bisnis, Business Model Canvas, Inovasi, Keunggulan Kompetitif |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Rafida Fitria |
Date Deposited: | 10 May 2021 06:53 |
Last Modified: | 10 May 2021 06:53 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8466 |