ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HUBUNGAN PEMASARAN DALAM RANGKA MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING (Studi Kasus Pada PT. SIBA SURYA di Semarang)

BASUKI, Andre Widjaja and MIYASTO, Miyasto,(January 2017), ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI HUBUNGAN PEMASARAN DALAM RANGKA MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING (Studi Kasus Pada PT. SIBA SURYA di Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (394kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (389kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (390kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (387kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (683kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Dalam menghadapi lingkungan persaingan yg semakin ketat, perusahaan harus dapat menemukan suatu hal yang akan menjadi keunggulan kompetitif. Pada perusahaan jasa khususnya transportasi pengiriman barang, keunggulan bersaing dapat dicapai dengan meningkatkan hubungan pemasaran. Selain itu, faktor harga dan diferensiasi produk juga memberikan kontribusi dalam rangka mencapai keunggulan bersaing. Dari penjelasan latar belakang tersebut, dilakukan penelitian dengan mengambil judul Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hubungan Pemasaran Dalam Rangka Mencapai Keunggulan Bersaing. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : Bagaimana variabel kepercayaan, ikatan sosial dan penyelesaian konflik memberikan pengaruh terhadap hubungan pemasaran pada PT. Siba Surya di Semarang?; Bagaimana variabel hubungan pemasaran, harga dan diferensiasi produk memberikan pengaruh terhadap keunggulan bersaing pada PT. Siba Surya di Semarang? Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna jasa angkutan PT. Siba Surya Semarang yang berjumlah 257 orang dan sampel penelitian diperoleh sebanyak 100 responden. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji hipotesis (uji t dan uji F). Dari hasil perhitungan menggunakan program SPSS, menunjukkan bahwa kepercayaan, ikatan sosial, dan penyelesaian konflik secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hubungan pemasaran. Hubungan pemasaran, harga, dan diferensiasi produk secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keunggulan bersaing. Jadi dapat disimpulkan bahwa keenam hipotesis diterima. Pemasaran, harga dan diferensiasi produk mempunyai pengaruh terhadap keunggulan bersaing, dengan nilai F hitung 41,463 > F tabel 2,70 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 (=5%) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan kesimpulan tersebut, perusahaan transportasi pengiriman barang perlu meningkatkan hubungan pemasaran dengan para pelanggan untuk mencapai keunggulan bersaing.
Keywords : Trust, Social Tying, Conflict Solution, Relationship Marketing, Price, Product Differentiation and Competitive Advantage., Kepercayaan, Ikatan Sosial, Penyelesaian Konflik, Hubungan Pemasaran, Harga, Diferensiasi Produk dan Keunggulan Bersaing
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mohamad Sulamul Hadi
Date Deposited: 19 Jul 2021 01:11
Last Modified: 19 Jul 2021 01:11
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8824

Actions (login required)

View Item
View Item