ANALISIS STRATEGI BISNIS PENGEMBANG PERUMAHAN BAGI GENERASI MILENIAL (STUDI KASUS PADA PT KANZU PERMAI ABADI SEMARANG)

IVADA, Amalia and KUSUMAWARDHANI, Amie,(17 June 2021), ANALISIS STRATEGI BISNIS PENGEMBANG PERUMAHAN BAGI GENERASI MILENIAL (STUDI KASUS PADA PT KANZU PERMAI ABADI SEMARANG). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (201kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (184kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (184kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (191kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (423kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (19MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan industri pengembang perumahan yang kompetitif, menuntut perusahaan pengembang perumahan untuk melakukan inovasi terhadap produk perumahannya. Salah satu inovasi yang dapat dilakukan pengembang perumahan adalah dengan mulai menargetkan generasi milenial sebagai pasar dari produk perumahannya. Banyaknya generasi milenial yang memasuki angkatan kerja dan berumah tangga, membuat mereka sebagai pembeli potensial pasar properti yang lebih besar. Penelitian ini betujuan untuk menganalisis proses perumusan strategi bisnis pengembang perumahan yang menargetkan generasi milenial pada PT Kanzu Permai Abadi. Analisis strategi bisnis yang dilakukan pada penelitian ini adalah analisis lingkungan eksternal melalui analisis PESTEL dan Porter, analisis lingkungan internal melalui analisis fungsi bisnis, dan perumusan strategi melalui analisis SWOT. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan dengan wawancara semi terstruktur kepada pihak strategis pemilik dan pihak pemasaran dari PT Kanzu Permai Abadi. Validasi penelitian dilakukan dengan trianggulasi data. Hasil analisis SWOT menunjukkan bagian SO (Strength-Opportunity) merupakan alternatif strategi terpilih PT Kanzu Permai Abadi. Implikasi strategis perusahaan menerapkan strategi agresif di bagian pemasaran dengan menargetkan generasi milenial sebagai pasar potensial, memaksimalkan teknologi melalui media sosial, menciptakan branding kuat sebagai pengembang perumahan bagi generasi milenial, dan menjadi perusahaan perumahan yang terdiferensiasi dengan pesaingnya. Kesesuaian strategis menjadikan perusahaan PT Kanzu Permai Abadi memperoleh keunggulan kompetitifnya.
Keywords : Business Strategy; Housing Development; Millennial Generation, Strategi Bisnis; Pengembang Perumahan; Generasi Milenial
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: AMALIA IVADA
Date Deposited: 02 Aug 2021 02:53
Last Modified: 02 Aug 2021 02:54
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/8915

Actions (login required)

View Item
View Item