SUTJAHJO, Agung and RAHARDJO, Daryono and SUFIAN, Syuhada,(2007), ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK PASAR, KARAKTERISTIK PRODUK, ORIENTASI STRATEGI PERUSAHAAN TERHADAP INOVASI PRODUK DALAM MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi Empiris: Pada Industri Farmasi Se Pulau Jawa). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (527kB)
Download (527kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (523kB)
Download (523kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (522kB)
Download (522kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (525kB)
Download (525kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (648kB)
Download (648kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh karakteristik pasar,
karakteristik produk, dan orientasi strategi perusahaan terhadap inovasi produk dan
pengaruhnya terhadap peningkatan kinerja perusahaan. Penggunaan variable�variabel tersebut dengan alasan hasil penelitian terdahulu, yaitu: Cooper dan
Kleindschmidt (1987), Kotabe (1990), Narver dan Slater (1990), Jaworski dan
Kohli (1993), Gatignon dan Xuareb (1997), Voss dan voss (2000), Lukas dan
Ferrell (2000) dan Merry Haryanto dan Yoestini (2003) yang menemukan pengaruh
langsung karakteristik pasar, karakteristik produk, dan orientasi strategi perusahaan
terhadap inovasi produk dan pengaruhnya terhadap kinerja perusahaan farmasi se
pulau Jawa.
Sampel penelitian ini adalah perusahaan farmasi se pulau Jawa, sejumlah
100 manajer farmasi. Structural Equation Modeling (SEM) yang dijalankan dengan
perangkat lunak AMOS, digunakan untuk menganalisis data, Hasil analisis
menunjukkan bahwa karakteristik pasar, karakteristik produk, dan orientasi strategi
perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk, dan inovasi
produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan.
Temuan empiris tersebut mengindikasikan bahwa untuk meningkatkan
kinerja perusahaan, perlu memperhatikan faktor-faktor seperti inovasi produk,
karakteristik pasar, karakteristik produk, dan orientasi strategi perusahaan, karena
faktor-faktor tersebut terbukti mempengaruhi tinggi rendahnya kinerja perusahaan.
Implikasi teoritis dan saran-saran bagi penelitian mendatang juga diuraikan pada
bagian akhir dalam penelitian ini
Keywords : | market characteristic, product characteristic, company strategic orientation, product innovation and company performance, Karakteristik Pasar, Karakteristik Produk, Orientasi Strategi Perusahaan, Inovasi Produk, Dan Kinerja Perusahaan |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Mohamad Sulamul Hadi |
Date Deposited: | 24 Aug 2021 02:42 |
Last Modified: | 06 Sep 2022 08:35 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9047 |