ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK PASAR, KARAKTERISTIK PRODUK, ORIENTASI STRATEGI PERUSAHAAN TERHADAP INOVASI PRODUK DALAM MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi Empiris: Pada Industri Farmasi Se Pulau Jawa)

SUTJAHJO, Agung and RAHARDJO, Daryono and SUFIAN, Syuhada,(2007), ANALISIS PENGARUH KARAKTERISTIK PASAR, KARAKTERISTIK PRODUK, ORIENTASI STRATEGI PERUSAHAAN TERHADAP INOVASI PRODUK DALAM MENINGKATKAN KINERJA PERUSAHAAN (Studi Empiris: Pada Industri Farmasi Se Pulau Jawa). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED

[thumbnail of Cover] Text (Cover) - Published Version
Download (527kB)
[thumbnail of Abstrak (Inggris)] Text (Abstrak (Inggris)) - Published Version
Download (523kB)
[thumbnail of Abstrak (Indonesia)] Text (Abstrak (Indonesia)) - Published Version
Download (522kB)
[thumbnail of Daftar Isi] Text (Daftar Isi) - Published Version
Download (525kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka) - Published Version
Download (648kB)
[thumbnail of Fulltext PDF Bookmarks] Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh karakteristik pasar, karakteristik produk, dan orientasi strategi perusahaan terhadap inovasi produk dan pengaruhnya terhadap peningkatan kinerja perusahaan. Penggunaan variable�variabel tersebut dengan alasan hasil penelitian terdahulu, yaitu: Cooper dan Kleindschmidt (1987), Kotabe (1990), Narver dan Slater (1990), Jaworski dan Kohli (1993), Gatignon dan Xuareb (1997), Voss dan voss (2000), Lukas dan Ferrell (2000) dan Merry Haryanto dan Yoestini (2003) yang menemukan pengaruh langsung karakteristik pasar, karakteristik produk, dan orientasi strategi perusahaan terhadap inovasi produk dan pengaruhnya terhadap kinerja perusahaan farmasi se pulau Jawa. Sampel penelitian ini adalah perusahaan farmasi se pulau Jawa, sejumlah 100 manajer farmasi. Structural Equation Modeling (SEM) yang dijalankan dengan perangkat lunak AMOS, digunakan untuk menganalisis data, Hasil analisis menunjukkan bahwa karakteristik pasar, karakteristik produk, dan orientasi strategi perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk, dan inovasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan. Temuan empiris tersebut mengindikasikan bahwa untuk meningkatkan kinerja perusahaan, perlu memperhatikan faktor-faktor seperti inovasi produk, karakteristik pasar, karakteristik produk, dan orientasi strategi perusahaan, karena faktor-faktor tersebut terbukti mempengaruhi tinggi rendahnya kinerja perusahaan. Implikasi teoritis dan saran-saran bagi penelitian mendatang juga diuraikan pada bagian akhir dalam penelitian ini
Keywords : market characteristic, product characteristic, company strategic orientation, product innovation and company performance, Karakteristik Pasar, Karakteristik Produk, Orientasi Strategi Perusahaan, Inovasi Produk, Dan Kinerja Perusahaan
Journal or Publication Title: UNSPECIFIED
Volume: UNSPECIFIED
Number: UNSPECIFIED
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Manajemen
Depositing User: Mohamad Sulamul Hadi
Date Deposited: 24 Aug 2021 02:42
Last Modified: 06 Sep 2022 08:35
URI: https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9047

Actions (login required)

View Item
View Item