IRVIANA, Lala and RAHARDJO, Daryono and SUTOPO, Sutopo,(10 February 2009), STUDI TENTANG KINERJA TENAGA PENJUALAN SERTA PENGARUHNYA TERHADAP EFEKTIVITAS PENJUALAN (Kasus Pada PT. TELKOMSEL graPARI Semarang). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (61kB)
Download (61kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (54kB)
Download (54kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (55kB)
Download (55kB)
Text (Daaftar Isi)
- Published Version
Download (175kB)
Download (175kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Salesforce Managment atau armada penjualan merupakan bagian dari
manajemen penjualan yang sering dipandang sebagai bagian penting dalam
menunjang keberhasilan perusahaan. Hal ini dikarenakan bahwa tenaga penjualan
adalah wakil dari sebuah perusahaan yang berhubungan secara langsung dengan
pelanggan, sehingga dapat mempengaruhi pelanggan untuk membeli atau tidak
membeli produk dari perusahaan tersebut.
Penelitian ini mencoba untuk menguji pengaruh ketrampilan menjual,
kompensasi, sistem kontrol terhadap kinerja tenaga penjualan dan kaitannya terhadap
efektivitas penjualan pada PT. Telkomsel graPARI Semarang.
Penelitian ini menggunakan metode populasi dan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah data primer berupa kuesioner dan data sekunder berupa buku
referensi dan jurnal reading. Populasi dalam penelitian adalah seluruh tenaga penjual
(sales agent) PT. Telkomsel graPARI semarang. Teknik analisis yang digunakan
dalam penelitian ini adalah teknik Structural Equation Model (SEM) dari software
AMOS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan kausalitas antar
variabel-variabel yang mempengaruhi dan kriteria Goodness of Fit yaitu Chi-square
= (92,800); Probability = (0,217); CMIN/DF = (1,118), GFI = (0,910); AGFI =
(0,869); TLI = (0,983); CFI = (0,987); RMSEA = (0,032).
Dari hasil analisis terlihat bahwa dari empat hipotesis yang diajukan, hanya
tiga hipotesis yang diterima. Ketiga hipotesis yang diterima adalah : semakin tinggi
ketrampilan menjual maka akan semakin tinggi kinerja tenaga penjualan, semakin
tinggi kompensasi maka akan semakin tinggi kinerja tenaga penjualan dan semakin
tinggi kinerja tenaga penjualan maka akan semakin tinggi efektivitas penjualan.
Sedangkan hipotesis yang ditolak adalah : semakin tinggi sistem kontrol maka akan
semakin tinggi kinerja tenaga penjualan.
Adapun keterbatasan dalam penelitian ini adalah tidak sesuainya hipotesis 3
(variabel sistem kontrol) yang diajukan oleh peneliti dengan hasil akhir yang
diperoleh.
Agenda penelitian mendatang diharapkan supaya dilakukan penelitian sejenis
yang menggunakan variabel-variabel lain ataupun objek lain.
Keywords : | Keywords: Salesforce management, selling skills, compensation, control system, salesperson performance and sales effectiveness., Kata kunci : Armada tenaga penjualan (Salesforce managment) , ketrampilan menjual, kompensasi, sistem kontrol, kinerja tenaga penjualan dan efektivitas penjualan. |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | Handri Herawati |
Date Deposited: | 27 Aug 2021 01:38 |
Last Modified: | 27 Aug 2021 01:38 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9088 |