PUTRI, Anastasia Mahardika and RAHARDJO, Susilo Toto,(30 June 2021), ANALISIS VALUE CHAIN DALAM PENINGKATAN VALUE ADDED (STUDI KASUS PADA UMKM PABRIK TAHU TIRTA LANGGENG PURWODADI). , UNSPECIFIED, UNSPECIFIED
Text (Cover)
- Published Version
Download (209kB)
Download (209kB)
Text (Abstrak (Inggris))
- Published Version
Download (184kB)
Download (184kB)
Text (Abstrak (Indonesia))
- Published Version
Download (184kB)
Download (184kB)
Text (Daftar Isi)
- Published Version
Download (294kB)
Download (294kB)
Text (Daftar Pustaka)
- Published Version
Download (333kB)
Download (333kB)
Text (Fulltext PDF Bookmarks)
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Pertama tama, penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi apakah industri ini dapat menghasilkan serangkaian value chain dengan menambahkan value added pada proses bisnisnya. Kedua, penelitian ini dilakukan untuk
mengidentifikasi apakah value chain dapat membantu industri ini meghasilkan output value chain berupa brand equity dan profit. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus.
Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan
studi dokumen dan wawancara semiterstruktur. Studi kasus pada penelitian ini
diambil dari salah satu usaha mikro yaitu industri Tirta Langgeng yang lokasinya
berada di Grobogan, Purwodadi. Narasumber pada penelitian ini adalah pihak�pihak yang terlibat secara langsung dalam aktivitas value chain yaitu pemilik
industri dan asisten pemilik industri.
Aktivitas value chain ini terdiri dari aktivitas utama dan aktivitas
pnedukung. Analisis ini mengadopsi fleksibilitas dalam seluruh kegiatan value
chain untuk menghadapi berbagai jenis ketidak pastian pasar dan lingkungan
bisnis. Jenis fleksibilitas yang dipertimbangkan pada aktivitas utamanya yaitu
inbound logistics flexibility, operations, outbound logistics, marketing and sales,
and after sales service flexibility. Dan untuk aktivitas pendukung mengadopsi
indikator Sumber Daya Manusia dan pengadaan.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa industri ini menerapkan
aktivitas value chain dengan baik, sehingga memberikan value added pada
industri yang berdampak pada brand equity dan profit yang baik.
Keywords : | Value Chain, Value Added, Micro Business, Value Chain, Value Added, Bisnis Mikro |
---|---|
Journal or Publication Title: | UNSPECIFIED |
Volume: | UNSPECIFIED |
Number: | UNSPECIFIED |
Item Type: | Thesis (Masters) |
Subjects: | Manajemen |
Depositing User: | ANASTASIA MAHARDIKA |
Date Deposited: | 30 Aug 2021 03:02 |
Last Modified: | 30 Aug 2021 03:02 |
URI: | https://repofeb.undip.ac.id/id/eprint/9103 |